oleh

Akhir Pekan Harga Emas dan Perak Anjlok

OKEBUNG|
Akhir pekan harga emas global turun 0,8 persen, dan mendekati level terendahnya sejak Januari 2014 lalu. Sementara itu.Selain itu,harga perak anjlok 3 persen ke level terendahnya dalam empat tahun terakhir.

Harga emas di pasar spot turun 0,8 persen menjadi USD1.215 per ounce pada perdagangan di akhir pekan ini. Bahkan, harga emas nyaris menembus level terendah pada tahun ini, yakni USD1.213 yang disentuh pada 2 Januari lalu.

Sepanjang pekan ini, harga emas global sudah membukukan penurunan sebesar 1 persen. Demikian dilansir dari Reuters, Sabtu (20/09/2014).

Di pasar berjangka, harga emas turun sampai USD7,8 menjadi USD1.219. Volume perdagangan juga cukup besar, yakni sekira 45 persen di atas rata-rata 30 hari terakhir.

Harga perak sendiri turun sampai 3,4 persen menjadi USD17,84 persen per ounce. Bahkan menyentuh USD17,76, terendah sejak Agustus 2010.

Pemicu anjloknya komoditas logam mulia ini adalah positifnya nilai tukar dolar AS atas mata uang lainnya. Hal ini terkait dengan ekspetasi jika the Fed akan segera menaikan suku bunganya seiring membaiknya ekonomi negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut.

Alhasil, optimisme akan ekonomi AS telah melemahkan emas sebagai safe haven. Di mana sebelumnya, aktivitas ekonomi AS mengalami kenaikan pada bulan Agustus. Tapi, kenaikan aktivitas ini masih konsisten dengan ekspansi moderat. (Okz)
Foto:Ilustrasi/

News Feed