oleh

8 WNI di Nepal Masih Hilang Kontak

OKEBUNG
Pasca gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR) yang mengguncang negara tersebut, Kemlu belum mengetahui nasib 8 WNI di sana.

“Yang tinggal di Nepal ada 18 WNI. Dari 18 WNI yang teridentifikasi, 10 orang selamat,” ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kemlu, Lalu M Iqbal, saat dihubungi detikcom, Minggu (26/04/2015). “Mudah-mudahan yang 8 WNI juga selamat,” doanya.

Lalu kesulitan menghubungi kedelapan WNI tersebut lantaran jaringan komunikasi yang belum stabil di Nepal setelah mengalami gempa dahsyat yang menghancurkan sebagian besar infrastruktur dan bangunan. Dia berharap bisa mendapat informasi mengenai kondisi WNI secepatnya.

“Bisa jadi mereka belum bisa dikontak karena susah jaringan. Mudah-mudahan selamat,” tutup Lalu.

Sebelumnya, Tata menerima informasi dari Dubes Indonesia untuk Dhaka, India, bahwa 18 WNI itu menikah dengan warga setempat. Sehingga, mereka menetap di Nepal.

“WNI menurut Dubes RI di Dhaka ada sekitar 18 WNI di Nepal. Mereka menikah dengan warga di sana,” ujar jubir Kemlu Arrmanatha Nasir saat dikonfirmasi detikcom melalui pesan singkat, Sabtu (25/4) malam.

Sejauh ini, diinformasikan ratusan orang tewas dan jumlah korban jiwa diperkirakan akan terus bertambah. Gempa dahsyat yang terjadi pada sekitar pukul 11.41 waktu setempat. Gempa ini merupakan gempa paling dahsyat yang melanda Nepal dalam kurun waktu 81 tahun.(dtc\net)

Foto|dok.net\

News Feed