oleh

52 Anggota Resimen Mahasiswa Garuda Sakti Ikuti Pendidikan Dasar di Zipur 1/DD

OKEBUNG |
Komandan Batalyon Zeni Tempur 1/DD, Mayor CZI, Denden Sumarlin, SE, resmi membuka pendidikan dasar (diksar) Resimen Mahasiswa Garuda Sakti Angkatan XXVI Tahun 2014 yang berlangsung di Lapangan Batalyon Zeni Tempur 1/Dhira Dharma, Jumat (26/09/2014)tadi.

Kegiatan yang melibatkan 52 orang perwakilan Resimen Mahasiswa dari universitas negeri/swasta ini berlangsung selama lima hari terhitung 26 hingga 30 Septemberl 2014. Hadir dalam pembukaan acara Diksar tersebut, Kabid Linmas Provsu, Dra. Malentina br Ginting serta para perwakilan universitas negeri dan swasta yang menjadi peserta.

Dalam sambutannya Danyon Zipur 1/DD, Mayor CZI, Denden Sumarlin, meminta agar peserta Diksar dapat mengimplementasikan ilmu didapat selama mengikuti pendidikan dasar. Jadilah pelopor disiplin dan motivator dalam lingkungan mahasiswa di kampusnya masing-masing.

“Menyadari posisi mahasiswa strategis, maka keberadaan mahasiswa menjadi sangat penting untuk diberikan tambahan bekal pengetahuan tersebut salah satunya adalah pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya wawasan kebangsaan seperti wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Kesadaran Bela Negara”, jelas Danyon Zipur.

Lebih lanjut Danyon mengatakan pemahaman konsepsi Pertahanan Negara dalam implementasinya bukan hanya dimiliki oleh TNI tetapi juga harus dimiliki segenap komponen bangsa dan seluruh rakyat Indonesia termasuk mahasiswa. Diharapkan Diksar ini dapat menumbuhkan semangat Bela Negara di kalangan mahasiswa tanpa menimbulkan kesan indoktrinasi berlebihan.

Disampaikannya, sebagai anak bangsa dapat memelihara jiwa nasionalisme yang sekarang sudah dipengaruhi oleh budaya-budaya asing yang negatif. Oleh karena itu, Danyon berpesan dengan adanya program latihan Menwa ini, dapat menjadi perisai dan obat untuk melindungi dan meningkatkan jiwa nasionalisme kita kepada bangsa dan negara.

Sementara itu, Kabid Linmas Provsu, Dra. Malentina br Ginting, menyambut baik Diksar ini sebagai bekal dini bela negara. Generasi hari ini adalah calon pemimpin masa depan yang mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi.

Usai upacara pembukaan, peserta Diksar langsung diserahkan ke pelatih dari Yonzipur. Setelah itu, peserta Diksar langsung dibawa untuk orientasi lapangan oleh pelatih dari Zipur yang diikut oleh para peserta yang berasal dari Unimed, IAIN, UMSU, UISU, ITM, ULB dan STIPAP.(dna/net)

Foto :Ilustrasi\

News Feed