oleh

50 Tahun Tinggal di Gubuk,Pak Budiman Akhirnya Nikmati Rumah Sehat Layak Huni dari Paskhas AU

-PASKHAS-5.710 views

OKEBUNG|
Ada rasa haru dan gembira terpancar diwajah pasangan suami-istri Budiman (64), Paini (69). Pasalnya,kedua pasutri yang selama ini tinggal dirumah gubuk akhirnya bakal menikmati rumah sehat layak huni dari Paskhas AU Lanud Soewondo Medan. Acara penyerahan kunci rumah hasil rehab Pasukan Khas AU ini dilaksanalan Jum’at ( 16/10/2020) pukul WIB di Jalan Besar Deli Tua, Desa Suka Makmur, Gang Kamboja.

Proses bedah rumah yang dilakukan oleh Pasukan Khas TNI AU di Medan adalah dalam rangka HUT Korpaskhas yang ke-73.

Setelah sebelumnya Wing III Paskhas bersama jajaranya juga telah melaksanakan serangkaian kegiatan bakti sosial lainya, berupa pembagian sembako di desa Sibiru-biru, pembagian sembako dan Rapid test gratis di desa Sukamulya Hulu, kecamatan Namorambe, donor darah dan terakhir bedah rumah yang bekerja sama dengan Lions Club’ distrik A-07.

Danwing III Paskhas, Kolonel Pas Deni Ramdani dalam kata sambutannya mengatakan bahwa tepat 73 tahun lalu, tepatnya tanggal 17 Oktober 1947 Korpaskhas resmi berdiri dengan ditandai penerjunan pertama di kota Waringin, Kalimantan Barat sebagai operasi lintas udara pertama dalam agresi militer melawan Belanda pada saat itu. Sejak hari itu ditetapkan sebagai hari jadi KORPASKHAS. Dan untuk memperingati hari tersebut Wing III Paskhas bersama jajaranya yang didukung oleh para pihak melakukan bedah rumah warga yang kita nilai pantas untuk dibedah rumahnya.

“Keberadaan rumah memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, baik secara individu maupun keluarga yang mencakup aspek Fisik dan Psikis serta sosial. Memiliki tempat tinggal yang layak mendapatkan impian dan harapan semua orang. Rumah layak huni adalah yang memiliki syarat kesehatan, keamanan dan sosial. Terpenuhinya kebutuhan rumah layak huni diharapkan sebagai upaya mencapai ketahanan keluarga”,ucap Danwing.

Lanjutnya lagi, dengan apa yang kita kerjakan ini memberikan amal ibadah dan nilai tambah bagi kita semua dan ini merupakan kewajiban bagi kita semua juga untuk mengatasi kesulitan-kesulitan warga masyarakat seperti dimasa sekarang ini, saat wabah Covid 19.

Sementara itu, Gubernur distrik Lions Club A-07 Karun Wurianto dalam kata sambutannya mengatakan bahwa apa yang dilakukan ini merupakan salah satu program organisasi.

“hal ini merupakan kerja sama antara Lions Club dengan paskhas. Program ini merupakan program Lions Club yang dananya kita kumpulkan dari anggota Lions Club dan para donatur. Pelaksanaan bedah rumah ini memakan 10 hari, dari rumah tak layak huni kita bedah menjadi rumah sehat, semoga ini bisa membantu ibu paini dan pak Budiman”,ucap Karun Wurianto.

Budianto selaku pemilik rumah pada awak media mengatakan bahwa dirinya merasa terharu atas apa yang dilakukan Paskhas pada keluarganya.

“Udah lebih dari 50 tahun, saya menempati rumah ini, saat ini saya bekerja sebagai pengantar air minum isi ulang, ya dari pada tak kerja, lumayan buat menghidupi keluarga, anak dan cucu saya, sebelum dibagun rumah saya papan berdindingkan tepas, kalau hujan kebocoran, ini saya dapat rezeki yang diberikan Allah SWT melalui bapak-bapak Paskhas yang merenovasi rumah saya menjadi layak huni, semoga apa yang mereka lakukan diberikan ganjaran pahala disisi Allah SWT”,ucap Budiman sambil berlinang air mata.

Usai kata sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian kunci rumah yang baru selesai dibedah, pemberian bingkisan dari ibu-ibu Pia ardhya garini ranting Paskhas kepada Budiman beserta istri dan dilanjutkan peninjauan kedalam rumah oleh Danwing III Paskhas beserta rombongan.

Turut hadir dalam acara, Pangkosek Hanudnas III yang diwakili oleh Aslog, Kolonel Kal Aryanto, Danlanud Soewondo yang diwakili oleh Kadis Pers, Letkol Adm Marjani Purba, Danyinko 469, Letkol Pas Agus Yoga Permana, Wadan Wing III Paskhas, Letkol Pas Abdul Fajar, Kapolsek Deli Tua yang diwakilkan oleh Waka, AKP P. Sagala, Danramil Deli Tua , Kapten Czi Sugito, serta Camat Deli Tua, W. Karo-karo. ( Sur )

News Feed