oleh

45 Toko Ludes Dilalap Sijago Merah di Aceh Barat Daya

BANDA ACEH -OKB|
Disaat warga masih bersenang-senang merayakan Hari Raya Idul Fitri,disaat itu pula jerit tangis terdengar dari para pemilik toko.
Pasalnya,telah terjadi musibah kebakaran 45 toko di Pasar Lama, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya,Prov Aceh,Jumat (01/08/2014)sekira pukul 03.00 dinihari.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini, namun sekira 168 orang yang mengais rupiah di pusat perbelanjaan tradisional itu hilang mata pencaharian dan kerugian ditaksir mencapai Rp15 miliar.

“Api pertama muncul dari salah satu toko pakaian kemudian langsung merembet ke toko lainnya. Semua barang dalam toko hangus,” jelas Rahmat (26), seorang warga setempat,Jumat (1/8/2014)seperti dilansir okezone.com.

Menurut Rahmat, begitu terbakar api dengan cepat menjalar seluruh isi toko yang berkontruksi kayu itu. Saat kebakaran kondisi toko sudah tutup dan suasana sekitar sepi. Sebagian besar yang terbakar adalah toko pakaian jadi.

“Pas kebakaran toko ketepatan sedang tutup,namun kerugian banyak sekali,”ujarnya lagi.

Begitu api muncul dan mulai membesar, kepanikan hebat melanda kawasan itu, terlebih saat warga mengetahui di dalam beberapa toko terbakar ada penghuninya. Bersama polisi, mereka membangunkan penghuni toko yang masih tertidur agar segera menyelamatkan diri.

Lima unit mobil pemadam kebarakan dikerahkan dan baru mampu menjinakkan api sejam kemudian. Api padam setelah bangunan toko rata dengan tanah.

Sementara itu,Wakapolres Aceh Barat Daya, Kompol Tamlikan mengatakan,hingga saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran. Namun, dugaan sementara kebakaran disebabkan arus pendek listrik. Ini karena listrik sempat mati sebelum kebakaran, kemudian menyala.

“Hingga saat ini polisi masih menyelidiki apa penyebab kebakaran,namun dugaan sementara kebakaran disebabkan hubungan arus pendek listrik.Setelah lampu nyala kembali tiba-tiba keluar asap dari sebuah ruko,” ungkapnya.

Hingga kini Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya sudah menyalurkan bantuan dan mendirikan tenda di lokasi kebakaran, untuk menampung korban yang kehilangan tempat tinggal. (Admin/Net)

Foto:Ilustrasi/Net/

News Feed