oleh

4 Jam Diperiksa,Akhirnya Kejari Medan Tahan Subdakar Siregar

OKEBUNG|
Akhirnya pihak Kejaksaan negeri (Kejari )Medan langsung melakukan menahan terhadap mantan Kepala Koperasi PDAM Tirtanadi Sumut, Subdharkan Siregar tersangka dugaan kasus perkara korupsi penyelewengan dana rekening air pelanggan PDAM Tirtanadi Sumut 2012 senilai Rp5 miliar.

“Penetapan penahanan dilakukan setelah berkas pemeriksaan dinyatakan lengkap dan penyerahan barang bukti dan tersangka dari penyidik kepada penuntut umum,”ungkap Kasi Pidsus Kejari Medan Harris Hasbullah kepada wartawan Senin (19/01/2015)

Dia menyebutkan,sebelum dilakukan penitipan di Rutan Tanjung Gusta Medan, tersangka terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh penuntut umum selama 4 jam.

“Sebelum dikirim ke rutan,tersangka sempat menjalani pemeriksaan 4 jam,”jelasnya lagi.

Selain melakukan penyelewengan dana rekening air,lanjutnya, pihak penuntut umum juga mengenakan pasal pencucian uang, Pasal 2,3 jo pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 jo UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi jo pasal 65 KUH Pidana jo pasal 55 KUH Pidana serta Serta Pasal 5 dan pasal 6 tentang tindak pindana pencucian uang (TPPU).

“Untuk jaksanya yang menyidangkan Subdarkan Siregar di Pengadilan Tipikor Medan. Kejari Medan sudah menunjuk jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejatisu dan Kejari Medan.”Untuk kordinator jaksanya Netty Silaen dibantu dari kita dan Kejatisu,”sebut Harris.

Dimana sebelumnya, saat proses penyidikan di Ditreskrimsus Poldasu, Subdharkan tidak dilakukan penahanan. Namun setelah berkas pemeriksaan dinyatakan lengkap dan berkas dilimpahkan ke penuntut umum Kejari Medan langsung ditahan.

Selain Subdarkan Siregar, Penyidik Tipikor Polda Sumut juga menetapkan Dirut PDAM Tirtanadi Sumut Azzam Rizal. Dimana, mantan orang nomor satu di PDAM Tirtanadi Sumut itu sudah divonis dengan hukuman 6 tahun penjara.(dna/admin)

Foto:ilustrasi/

News Feed