oleh

4.200 Pasukan TNI dan Polri Serta Pemda Amankan Kunjungan Presiden Jokowi

OKEBUNG |
Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi menjadi irup pada apel Gelar Pasukan TNI-Polri dan Pemda dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia,Joko Widodo dan ibu negara Ke Provinsi Sumut di Lapangan Merdeka jalan JalanBalai Kota  Medan, Jum’at(17/04/2015).

 
Dalam amanatnya,Pangdam I/BB mengatakan  bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan dari masing-masing Satgas Pam maupun Subsatgaspam secara keseluruhan, baik personel, materiil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya.  

Pangdam I/BB selaku Pangkoops  Pengamanan VVIP  harus dapat meyakini bahwa masing-masing Satgas sudah siap melaksanakan tugas, mampu menangkal berbagai kerawanan dan kontinjensi yang mungkin  terjadi, apel gelar pasukan ini harus total untuk pengamanan, mulai dari H-1 sampai H+3 dalam rangka Kunjungan kerja Presiden RI dan rombongan di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Personel Satgas Pam  akan ditempatkan di sekitar PTPN-III Sei. Karang Kec. Pagar Merbau Kab. Deli Serdang dan lokasi yang menjadi sasaran peninjauan Presiden RI serta sepanjang  rute yang dilalui maupun rute cadangan serta rute pengganti.

Pada pelaksanaan pengamanan agar lebih ditingkatkan koordinasi dan kerjasama yang terencana, terarah, terpadu dan terkendali dengan tetap berpedoman pada keputusan Panglima TNI Nomor Kep/376/VI/2012 tanggal 12 juni 2012 tentang pengamanan fisik VVIP,  baik secara langsung maupun tidak langsung agar sasaran dan tujuan pengamanan dapat dicapai dengan optimal, antisipasi setiap perkembangan situasi dilapangan maupun upaya dari pihak tertentu yang ingin mengganggu  kelancaran, ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan kunjungan kerja Presiden RI di wilayah Provinsi Sumut, sehingga keamanan dan keselamatan pribadi Presiden RI dan rombongan setiap saat akan terjamin dimanapun berada selama pelaksanaan kegiatan kunjungan kerja.

Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan setiap Dansatgas dituntut mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal, serta mampu dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi dilapangan.

Pangdam I/BB berharap melalui apel gelar pasukan ini, kita semua dapat memotivasi diri dalam melaksanakan tugas pengamanan. Selanjutnya selaku Pangkoops Pam VVIP mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, Pemda, masyarakat Provinsi Sumut dan semua pihak, yang telah membantu mendukung pelaksanaan  pengamanan Presiden RI dan rombongan.  

Sebelum mengakhiri amanatnya Pangdam I/BB menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas : Pertama, laksanakan  Pengamanan VVIP dengan penuh rasa tanggung jawab,  tingkatkan koordinasi dan kerjasama guna memaksimalkan pelaksanaan tugas.

Kedua, personel Satgaspam harus tahu siapa dan berbuat apa sesuai tanggung jawab masing-masing. Ketiga, pedomani prosedur penanganan tindakan dan laporkan pada kesempatan pertama bila terjadi sesuatu di lapangan secara hirarki.

Keempat, check and richeck sebelum, selama dan sesudah Presiden RI dan rombongan menuju ke obyek yang dituju. Kelima, perhatikan faktor keamanan personel, materiil dan teliti dalam setiap kegiatan. Pengamanan ini melibatkan 4.200 personil yang merupakan gabungan TNI, Polri dan Pemda.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumut,Kapolda Sumut,Pangkosekhanudnas III Medan, Kabindasu,Pangko Armabar, Danlantamal I Belawan,Kasdam I/BB, Wakapoldasu, Danlanud Soewondo Medan, Sahli Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Danpom AL, Danpom AU, Dandim 0201/BS, Para Danyon BS jajaran Kodam I/BB dan Walikota Medan serta Dirut PTPN-III  Sei. Karang.[rel\admin]

News Feed