oleh

35 Tahun Menabung, Pedagang Koran Eceran Naik Haji

OKEBUNG|
Selama ini tentu kita mengetahui acara disinetron televisi swasta Tukang Bubur Naik Haji.Tentu bagi pemirsa yang mengikuti sinetron tersebut banyak yang senang.Namun,ini lain pula.seorang pedagang koran eceran,Sadino binti Kasan Murni, (72 ) akhirnya mampu menjalankan rukun iman kelima setelah menabung hampir 35 tahun dari hasil kerja kerasnya berjualan koran eceran.

Penantian puluhan tahun kakek bercucu tiga, menunaikan ibadah haji ke tanah suci atas hasil kerja keras jual koran, akhirnya terwujud.

“Dari upah jualan koran perbulan Rp.1,2 juta, disisihkan 10 persen untuk ditabung untuk biaya tidak terduga. Alhamdullilah akhirnya bisa naik haji,”ujarnya,seperti dilansir poskotanews.com.

Kakek yang hanya mengecap pendidikan hingga SD ini tidak menyerah untuk selalu berjuang. “Bersama sepeda tua menemani saya hampir 20 tahun berjualan koran eceran dari mulai Jembatan Merah, Jakarta Barat, hingga sampai ke Depok,”ucapnya.

Keberhasilan dirinya untuk naik haji adalah tidak lepas dari hidup sederhana dan hemat dalam mengeluarkan pengeluaran untuk kebutuhan hidup sehari-hari. “Kunci keberhasilan saya adalah hidup hemat. Teman-teman serekan pada punya telepon genggam, tapi saya tidak. Orang lain kemana-mana naik motor, saya hanya naik sepeda,”tuturnya.

Meski demikian setelah lama ditinggal mati sang istri (alm) Ny. Sumijem,65, asal Wonosobo Jawa Tengah, yang telah dikarunia tiga anak, ia hidup pantang menyerah.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ibnu Hasan, Habib Idrus Al Qadri mengatakan untuk keberangkatan haji di tahun 2014 untuk Kota Depok sebanyak 86 orang. “Kebetulan kita kena kloter 26. Untuk persiapan para jamaah haji seluruhnya sudah dilakukan vaksinasi manginnitis,”ungkapnya.

Terkait isu virus Ebola yang lagi mewabah, Habib menambahkan tidak ada pengaruhnya bagi jemaah haji. “Insya Allah, kami akan memberangkatkan jemaah haji pada Rabu (19/09/2014).”katanya.(Pkt/Net)

Foto:Ilustrasi/

News Feed