oleh

339 Orang Cata Kodam XVIII/Kasuari Siap Digembleng di Dua Rindam

OKEBUNG|
Sebanyak 339 putra terbaik Indonesia dinyatakan lulus setelah menjalani seleksi penerimaan Cata PK TNI AD Gel. I TA 2020 Subpanpus XVIII/Kasuari yang diumumkan Selasa (19/5/2020) di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Kapendam XVIII/Kasuari, Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, S.I.P. dalam siaran persnya menyebutkan, seluruh rangkaian dalam proses seleksi penerimaan Cata PK TNI AD Gel. I TA 2020 telah dilaksanakan.

Lebih lanjut diungkapkan, setelah mengikuti serangkaian seleksi tingkat daerah (Kodim), maka terjaring 509 peserta yang lolos pada tahap seleksi pusat (Kodam), kemudian mereka dikarantina di Balai Latihan Kehutanan (BLK) Manokwari.

“Kegiatan seleksi tingkat pusat sendiri berlangsung kurang lebih dua minggu, lalu dilanjutkan dengan tahap akhir yaitu sidang pantuhir tingkat pusat. Hasilnya, 339 orang peserta seleksi dinyatakan lulus berdasarkan hasil rangking dari nilai yang diperoleh selama proses seleksi berlangsung,” ungkap Kapendam.

339 peserta yang lulus tersebut sebagian besar merupakan Putra Asli Daerah Papua (PADP) atau Orang Asli Papua (OAP). Selanjutnya mereka akan menjalani proses penggemblengan untuk menjadi Prajurit TNI AD berpangkat Prajurit Dua (Prada) di dua Lembaga Pendidikan (Lemdik), yaitu 219 orang akan dididik di Resimen Induk Kodam (Rindam) XVIII/Kasuari, Ransiki, Manokwari, Papua Barat dan 120 orang lainnya akan dititipkan untuk digodok di Rindam XIV/Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

“Pengumuman hasil seleksi Cata PK TNI AD Gel. I TA 2020 Subpanpus XVIII/Kasuari kali ini diikuti sebanyak 509 orang calon dari beberapa Sub Panda, yaitu dari Sub Panda Manokwari (tes 53-lulus 35), Sorong (tes 189-lulus126), Fakfak (tes 53-lulus 35), Kaimana (tes 52-lulus 35), Raja Ampat (tes 53-lulus 35), dan Bintuni (tes 109-lulus 73),” ujar Andi Gus.

Para calon prajurit yang akan dididik di Rindam XVIII/Kasuari, hari ini Rabu (20/5/2020) sudah diberangkatkan dengan transportasi darat ke Rindam XVIII/Kasuari. Sedangkan mereka yang akan dididik di Rindam XIV/Hasanuddin rencananya diberangkatkan ke Makassar pada Jumat (22/5/2020) mendatang.

News Feed