oleh

3 Warga Somalia Dan 4 Warga Yaman Terdampar di Polsek Sunggal

OKEBUNG |
Tiga warga negara Somalia dan empat warga negara asal Yaman terdampar di Mapolsek Sungga,setelah empat hari luntang-lantung di Medan,Sabtu (01/11/2014) sekitar pukul 17.30 WIB.

Data yang diperoleh, adapun 3 warga Somalia yakni Abdul Kharim (30), Suhaib (23), Qmar (24). Sedangkan ke 4 warga asal Yaman yakni Ziyad Faiza Ali (38) dengan anaknya Yasin Fuad Ahmed (12) dan Abdul Dallah (13).

Menurut penuturan ketujuh warga asing berkulit hitam itu menyebutkan bahwa sebelum sampai di Indonesia,ketujuh pengungsi asal warga negara asing itu keluar dari negaranya dengan melalui jalur perairan menggunakan kapal boat menuju di ngara Malaysia.

Sehari di Malaysia,selanjutnya ketujuh warga negara asing tersebut terdampar ke Indonesia menggunakan kapal boat.

“Kami tiba di kota Medan sudah 4 hari dan kami tadi tiba di Polsek Sunggal dengan betor,” kata Suhaib (23) menggunakan bahasa Inggris kepada okebung.com.

Tidak hanya itu, bahkan, seorang IRT,Ziyad Faiza Ali (38)didampingi ketiga anaknya mengatakan, jika kedatangan mereka di Kota Medan ini tak tau mau kemana ,makanya mereka mendatangi kantor polisi untuk mintaa tolong.

“Idon’t Know Where Lives,cause We Don’t Have Money,”ungkapnya kepada okebung.com.

Lanjutnya,kami berharap agar pemerintah Indonesia dapat memberikan pekerjaan kepada kami.

“Bantulah kami agar bisa bertahan hidup,Saya dan rekan-rekan ada surat dari UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees),” kata IRT janda beranak tiga ini.

Terpisah, Kapolsek Medan Sunggal AKP Aldi mengatakan,sesuai dengan UU No 6/2001,tentang keimigrasian , dimana hal tersebut menjadi ranah imigrasi. Oleh karena itu kami akan menyerahkan orang asing tersebut ke imigrasi.

“Ketujuh orang tersebut akan kami serahkan ke pihak imigrasi,karena mereka yang berwenang,”katanya.

Lebih lanjut Aldi menyebutkan, keberadaan ketujuh warga asing tersebut juga tertera pada Pasal 8 sampai dengan 22 UU No 6 /2011 tentang imigrasi yang mengatur tentang masuk keluarnya orang asing diwilayah Indonesia,” ucap Kapolsek Medan Sunggal AKP Aldi (ad)

News Feed