oleh

3 Kasus Besar di Medan Yang Tidak Dilupakan Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga

OKEBUNG|
Siapa tidak kenal dengan Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga. S. Sos,tentu warga kota Medan semua mengenal dan dekat dengan perwira murah senyum dan berjiwa sosial ini.

Terlebih lagi kalangan insan jurnalis, tentu sangat akrab bagikan keluarga jika sudah bertemu dengan Abituren Akmil 1997 yang pernah menduduki jabatan strategis di Kodam I/BB ini.

Kini,perwira yang pernah menjabat sebagai Dandim 0203/Lkt, Waasintel Kasdam I/BB, Kapendam I/BB ini telahe meninggalkan warga kota Medan, Sumut untuk menito karier militernya sebagai Dosen Madya Seskoad di Bandung.

Roy Sinaga, nama yang keren dan cukup dikenang warga Kota Medan ini tinggalkan kenangan yang tidak terlupakan bagi warga kota Medan. “Pahlawan Pandemi Covid-19 “siang malam bersama anggotanya memerangi wabah Covid-19 di Medan dengan berbagai kegiatan tinggalkan warga Kota Medan, Sumut setelah jabatannya sebagai Komandan Kodim 0201/BS Medan diserah terimakan kepada Letkol Inf Agus Setiandar.S.. I. P.

Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, sosok pria yang akrab dengan wartawan ini kita ketahui sejak masuknya wabah virus Corona ke Kota Medan terus berjibaku memerangi Corona bersama anggota Kodim 0201/BS jajaran. Berbagai upaya dan kegiatan, Roy bersama anggotanya mengatasi bagaimana wabah Corona musnah dari kota Medan.

Abituren Akmil 97 yang pernah menjabat Kapendam I/BB ini benar-benar serius dan bertanggungjawab dengan tugasnya. Hal ini dibuktikan Roy saat menangani wabah Corona dan damfak sosialnya kemasyarakat.

Hujan dan panas, dinginnya angin malam tetap dilawan Roy dan anggotanya demi mendukung pemerintah pusat dan komando atas dalam memerangi wabah Corona.

Dari gang ke gang, dari kampung ke kampung, Kolonel Inf Roy dengan anggotanya mengantarkan sembako kepada warga kurang mampu yang ada diwilayah kota Medan sekitarnya.

Warga Medan tentu tidak akan melupakan Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga. S. Sos., Apalagi saat beliau menjabat dua serangan hebat menyerang warga Medan dan satu aksi unras anarkis berhasil diredam.

Pertama, beberapa waktu lalu kota Medan digemparkan dan heboh dengan banyaknya ditemukan bangkai hewan babi yang mati terapung disungai-sungai. Saat itu, Kolonel Inf Roy bersama jajaran langsung turun tangan menyusuri sungai-sungai dengan perahu. Tanpa kenal lelah dan jijik sedikitpun Kolonel Inf Roy Sinaga dan anggotanya melihat langsung kondisi wilayahnya yang banyak bangkai babi bertebaran dimana-mana.

Berkat upaya kerja keras Kolonel Inf Roy dan anggotanya, akhirnya permasalahan bangkai Babi tuntas dan bersih darib pencemaran lingkungan.

Kedua, saat mewabahnya Virus Corona yang mematikan membuat warga Medan ketakutan,saat itu juga Kolonel Inf Roy dan jajarannya serta Forkopimda Sumut terus bekerja dan bekerja memeranginya dengan berbagai upaya. Meskipun diberlakukan Stay Home, bagi Roy dan anggotanya tidak ada istilah Stay Home, bekerja dan bekerja, meskipun nyawa taruhannya hingga Medan mulai bersih dari Covid-19.

Dan yang ketiga, aksi unras mahasiswa yang sempat ricuh beberapa waktu lalu hingga banyak yang ditangkapi dan luka-luka akibat mulai anrkis. Kolonel Inf Roy Sinaga langsung turun tangan meredamnya dengan berbekal ilmu komsos Nya hingga aksi unras anarkis redam.

Kini, perwira menengah TNI AD dengan kecakapan beragam, mulai dari bidang intelijen, operasi, personalia, maupun perencanaan ini telah meninggalkan kota Medan pindah tugas ke Bandung.

Abituren Akmil 97 yang pernah dilantik Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah sebagai Dandim 0201/BS Medan pada
Senin (5/8/2019) lalu ini,tidak akan dilupakan warga Kota Medan sekitarnya.

Banyak pihak sedih dan mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga dalam pengabdiannya selama bertugas di Medan.

Selain tugas yang berat dikerjakan,
Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga juga pernah berhasil menjuarai karya tulis jurnalistik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2018 kategori Kapendam.

Pria kelahiran Jakarta 26 Mei 1976 silam ini berhasil engungguli seluruh Kapendam yang ada di Indonesia.

Selain itu, Prestasi lainnya yang menonjol dari Roy adalah berhasil mengantarkan tim bola basket remaja asuhannya, “Halilintar Binjai Basketball Club ” menjuarai Turnamen Merpati Hoops National Invitation 2018 di Denpasar dan 8 Besar the 7th Asia Pacific Youth Basketball Cup di United World College dan Tanglin Trust School Singapura Oktober 2018 ”

Pria murah senyum hitam manis lahir di Jakarta pada 25 Mei 1976 dari pasangan ayah bernama, MD Sinaga,dan ibu bernama, Lusia br Tamba ini menghabiskan masa sekolah dan remajanya di Kota Belawan, dan Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Banyak pengalaman tugas dan karier militer Roy yang cemerlang. Mulai dari pendidikan Sussarcab Infanteri, Kibi AD dan Combat Intel di tahun 1988, penugasan Operasi Tim-Tim tahun 1999, Suspapen tahun 2001, dan penugasan Ops Lihkam Maluku tahun 2003.

Roy Sinaga juga pernah mengikuti pendidikan ke Susdankipan di tahun 2004, dan penugasan Operasi Pamtas RI-RDTL tahun 2006.

Selain itu, suami dari Ny Jacqueline, BSC yang memiliki anak bernama Ruby Valeria dan Jade Emerald ini juga pernah mengikuti Selapa Infanteri tahun 2007, Seskoad tahun 2013, dan Suspaintelstrat Bais TNI tahun 2017.

Selain dibidang kemilitaran, Roy juga pernah menempuh pendidikan di bidang umum hingga mendapat titel S-1 dari STIA Cimahi, Jawa Barat yang diperolehnya pada 2009.

Dengan beragam tugas, pendidikan dan penugasan yang pernah singgah dalam hidup dan karir militernya, tak heran kalau Roy Sinaga akhirnya mendapatkan sejumlah jabatan dan tanda jasa dari negara, seperti Satya Lencana Seroja, Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun, Satya Lencana Dwijasista, dan Satya Lencana Dharma Nusa.

Kini,pria yang memiliki dua anak ini
mendapat amanah dan kepercayaan baru dari pimpinan TNI AD untuk memjadi Dosen Seskoad. Selamat bertugas Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga. S. Sos. Semoga bisa kembali tugas ke wilayah Kota Medan lagi dengan pangkat Jenderal. Aamin.

Tepatnya, hari ini Kolonel Ind Roy Hensen J Sinaga menyerahkan tampuk jabatannya daei Dandim 0201/BS kota Medan kepada Letkol Inf Agus Setiandar. S. Sos.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas segala perhatian,kerja sama dan dukungan yang telah diberikan selama dirinya
menjabat sebagai Dandim 0201/BS,”ucap Roy.

Tak lupa Kolonel Inf Roy menyampaikan mohon maaf atas segala kekurangan, kekhilafan dan kesalahan dalam melaksanakan tugas. “Kami mohon doa restu untuk melanjutkan tugas di tempat
yang baru sebagai Dosen Madya Seskoad,” ucap perwira murah senyum ini.

Kolonel Inf Roy melanjutkan, selama kurang lebih 10 bulan menjabat sebagai Dandim 0201/BS, dirinya sangat enjoy dan nyaman. Oleh sebab itu, Roy menegaskan
bahwa Medan akan selalu tetap dihati dan Sumatera Utara tetap dalam kenangan.

“Kami yakin dengan pengalaman kami di sini,tentunya akan memudahkan kami bertugas di tempat yang baru.Kodim 0201/BS juga akan makin maju di bawah
kepemimpinan Letkol Inf Agus Setiandar,” tandasnya.

Di tempat yang sama Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar meminta arahan, bimbingan dan petunjuk dari forum komunikasi pimpinan daerah
(forkopimda) Medan dan Deliserdang selama ia menjabat sebagai Dandim 0201/BS.(red)

News Feed