oleh

3 Kapolda Diganti,Irjen Ronny Jadi Kapolda Bali

OKEBUNG |
Pergeseran mutasi jabatan kembali terjadi di tubuh Polri.Kali ini,tiga Kapolda diganti.Bergantian tersebut berdasarkan Telegram Rahasia Kapolri nomor ST 494/IV/2015 yang ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Haka Astana tertanggal 5 Maret 2014, sejumlah posisi strategis mengalami perombakan.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian Republik Indonesia (Kadiv Humas Polri )Irjen Pol Ronny Franky Sompie diangkat sebagai Kapolda Bali. Irjen Pol Ronny menggantikan Irjen Albertus Julius Benny Mokalu, yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Sahlisosbud Kapolri. Benny menggantikan Irjen Syarief Gunawan yang dimutasi menjadi Pati Yanma Polri dalam rangka pensiun.

Sementara itu,Pengganti Irjen Pol Ronny Sompie adalah Brigjen Anton Charliyan yang sebelumnya menjabat Karobindiklat Lemdikpol.

Informasi yang diperoleh, Anton disebut-sebut ikut dalam membantu penanganan kasus KPK yang melibatkan dua pimpinan KPK nonaktif Abraham Samad dan Bambang Widjojanto. Namun Anton tidak tergabung dalam Satgas Tim.

Posisi yang ditinggal Anton diisi oleh Brigjen Rachmad Fudail, yang selama ini merupakan Widyaiswara Madya Sespim Polri Lemdikpol.

Tak cuma itu, posisi Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Brigjen Kamil Razak juga berganti. Kamil digantikan Kombes Victor Edi Simanjuntak. Victor selama ini menjabat Kabagkermadiklat Robindiklat Lemdikpol.

Sedangkan Kamil dipindah menjadi Karorenmin Baharkam Polri. Sebelumnya, nama Victor yang merupakan anak buah Komjen Budi Gunawan (BG) muncul ke publik setelah disebut-sebut ikut dalam penangkapan BW beberapa waktu lalu di Depok, Jawa Barat.

Brigjen Musyafak dan Brigjen Slamet Riyanto bertukar posisi. Musyafak diangkat sebagai Wakapolda Jateng. Sedangkan posisi Musyafak sebelumnya Waketbinkermadianmas STIK Lemdikpol diisi Slamet.

Sementara itu, Brigjen Wilmar Marpaung diangkat sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Perwira yang sebelumnya menjabat Karobinops Bareskrim Polri ini, menggantikan Brigjen Jimmy Palmer Sinaga, yang dimutasi sebagai Pati Yanma Polri dalam rangka pensiun. Sedangkan posisi yang ditinggal Wilmar diisi Brigjen Yohanes Bernandus Gebana Prastyawan.

Posisi Kapolda DIY juga berganti. Kapolda DIY Brigjen Oerip Soebagyo diangkat sebagai Waket Bidpptik STIK Lemdikpol. Posisi Kapolda DIY diisi oleh Brigjen Erwin Triwanto, yang sebelumnya adalah Kabagjiansosmas Bidppitk STIK Lemdikpol. (jpnn\admin)

Foto|irjen ronny s /\net\

News Feed