oleh

3 Hari Keluar Dari Lapas Tj Gusta, Residivis Curanmor Ditangkap Polsek Medan Baru

OKEBUNG|
Ketangkap basah korbannya tengah lakukan pencurian sepeda motor Yamaha Vixion warna merah BK 4822 HY yang terparkir di depan rumah korban berada di Jalan Sei Bahbolon Medan,dua sekawan,Bayu (26) warga Jalan Abadi No. 13 Tanjung Rejo Medan dan Dedi (20) warga Pasar IX, Gang Keluarga Tembung terpaksa meringkuk dibalik jeruji besi Polsek Medan Baru, Jumat (04/09/2014) siang.

Informasi yang diperoleh okebung.com di Polsek Medan Baru, Senin (08/09/2014) sore menyebutkan, salah seorang dari pelaku tersebut, Bayu merupakan residivis yang baru tiga hari bebas usai menjalani masa hukuman di Lapas Tanjung Gusta.

Kepada wartawan, Bayu mengaku dirinya nekat melakukan aksi tersebut lantaran tergiur melihat sepeda motor tersebut terparkir di depan rumah.Karena itulah, dirinya pun mendatangi Yamaha Vixon tersebut. “Tergiur aku bang. Makanya kami datangi,” ucapnya sembari mengaku kalau dirinya kala itu baru tiga hari bebas dari lapas Tanjung Gusta usai jalani hukuman atas kasus yang sama selama dua tahun.

Namun, saat menggeser sepeda motor tersebut keluar dari halaman tersebut, hlem milik korban, Adil Jaya Pangaribuan (23) yang berada di atas sepeda motor tersebut terjatuh. Karena itulah korban keluar dan melihat kedua pelaku sedang mengeser sepeda motor miliknya.

“Diteriaki kami bang. Makanya kami ketangkap warga bang. Untunglah ada polisi yang lewat makanya kami dibawa kemari bang,” pungkasnya sembari mengaku dua tahun yang lalu dirinya juga ditangkap Polsek Medan Baru usai mencuri sepeda motor dokter gigi di Jalan Dr Mansyur Medan.

Selain menangkap Bayu dan Dodi, Polsek Medan Baru juga berhasil mengamankan penjambret yang kerap lakukan aksinya di Jalan Darat Medan, Andika Syaputra (30) warga Jalan Tanjung Bunga Medan.

Saat itu, pelaku yang mengendarai sepeda motor Yamaha Mio Soul BK 4580 NAB menjambret tas milik Handayani (29) warga Jalan Bromo Gang Selamat No. 8-C, Medan yang tengah melintas di Jalan Darat.

Dalam aksinya tersebut, pelaku memepet korbannya. Setelah merasa jangkauannya cukup, dia pun langsung merampas tas milik korban yang berisikan uang sebesar Rp500 ribu. Naas, pelaku langsung ditangkap petugas yang saat itu sedang melakukan patroli dilokasi kejadian.

Selanjutnya,Polsek Medan Baru juga berhasil mengamankan pelaku spesialis pencuri rumah di Jalan Mataram No. 1/17 Medan. Pelaku beraksi pada Senin (01/09/2014) sekira 04.30 WIB. Pelaku yang bernama Andro Sihotang (23) warga Jalan Banten No. 4-B Sei Kambing Medan bersama rekannya Indra (30) warga yang sama.

Kedua pelaku masuk ke dalam rumah Yus Junaidi (43) warga Jalan Gaharu Simpang Tuasan No. 14-C Medan (korban-red) dengan cara merusak pintu pagar rumah korban dan mengambil barang-barang milik korban yakni, 2 set skapolding, 1 buah besi siku, 1 pintu aluminium dan 3 set kerangka aliminium. Dalam pertistiwa itu korban mengalami kerugian sebesar Rp4.000.000.

Kapolsek Medan Baru Kompol Nazrun Pasaribu yang di dampingi Kanit Reskrim Polsek Medan Baru, Iptu Oscar S. Setjo, SH mengatakan, atas tindakannya tersebut ke-5 tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan. “Kelimanya terancaman hukuman diatas 5 (lima) tahun penjara,” ucapnya.

Kemudian, dia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat maupun Kepala Lingkungan (Kepling) yang berada di wilayah hukum Polsek Medan Baru agar tetap waspada dan meingkatkan pengamanan.”Saya berharap agar warga masyarakat tetap menjaga lingkungannya dan juga menjaga harta bendanya masing-masing,” pungkas perwira tamatan Akpol tahun 2000 ini.(Zan)

News Feed