oleh

Sambil Latihan Tempur, Satgaster Ancab BTP Yonif 125/Smb Beri Pembinaan Wasbang dan Bela Negara ke Pelajar

OKEBUNG|
Di sela pelaksanaan latihan tempur, Satuan Tugas Teritorial Antar Kecabangan Batalyon Tim Pertempuran (Satgaster Ancab BTP) Yonif 125/ Si’mbisa tetap melakukan pembinaan kepada warga masyarakan di sekitar wilayah latihan.

Seperti yang dilakukan Batih Ops Kodim 0207/Simalungun, Pelda Sugandi di SMAN 1 Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Senin (2/12/2019), misalnya.

Di dalam kelas, Pelda Sugandi yang tampil sebagai guru sementara, memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaaan dan Bela Negara.

Dalam penyampaian materi, Pelda Sugandi mengemasnya dengan seatraktif mungkin, sehingga tidak membuat para pelajar bosan, malah sebaliknya semakin tertarik untuk memahaminya.

“Kesadaran bela negara bukanlah bawaan sejak lahir, sehingga perlu ditumbuhkan sejak usia dini maupun di bangku sekolah guna membangun karakter bangsa Indonesia yang cinta tanah air, dan rela berkorban demi bangsa dan negaranya,” terang Pelda Sugandi.

Dengan pemahaman demikian, lanjut Pelda Sugandi, maka setiap warga negara Indonesia wajib dibekali nilai-nilai bela negara. Karena tujuan bela negara itu adalah untuk membentuk karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan, dan memiliki kesadaran bela negara sebagai prasyarat dalam membangun sistem pertahanan semesta.

Begitu juga dengan Wawasan Kebangsaan. Menurut Pelda Sugandi, setiap warga negara suatu bangsa pasti memiliki rasa kebangsaan, baik dalam perasaan atau pikiran maupun hati nuraninya.

“Rasa kebangsaan merupakan hal yang tidak dapat dilihat, tapi dapat dirasakan. Karena itu, wawasan kebangsaan bagi Bangsa Indonesia dipandang sebaga falsafah hidup bangsa dan digunakan sebagai Way of Life (jalan hidup),” urai Pelda Sugandi.

Di samping dua materi di atas, di kesempatan yang sama Pelda Sugandi juga melatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bagi anggota Paskibra SMAN 1 Silau Kahean.

“Latihan PBB sangat penting terutama dalam membentuk sikap disiplin, kekompakkan dan patuh pada perintah atau instruksi, serta bisa meningkatkan daya konsentrasi,” pungkas Pelda Sugandi.

Kegiatan “pelajaran tambahan” dari Satgaster Ancab BTP Yonif 125/Smb ini mendapat apresiasi dari pihak SMAN 1 Silau Kahean. Para guru berharap kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan di masa berikutnya, karena sangat bermanfaat bagi pengayaan wawasan dan jiwa nasionalisme para anak didik. (Red)

News Feed