oleh

Posyandu Lansia Satgas Yonif R 509, Menyehatkan Para Manula di Perbatasan

-DISPENAD-6.619 views

OKEBUNG|
Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) digelar Satgas Yonif Raider 509/Kostrad untuk memberi pelayanan kesehatan khusus para Manula di wilayah perbatasan, Senggi.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 509/Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, S.H.,Psc.,dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (29/11/2019).

Diungkapkan Dansatgas, pelayanan kesehatan khusus lansia di Kampung Senggi, diselenggarakan Satgas pada Kamis (28/11/2019), sebagai wujud perhatian kepada para manula, yang selama ini kesulitan untuk memeriksakan kesehatannya karena keterbatasan biaya.

“Kegiatan ini Satgas lakukan sebagai bukti kecintaan dan kepedulian kepada para orang tua yang sudah sepuh ini, agar bisa memeriksakan kesehatannya sekaligus konsultasi secara gratis,” ujarnya.

Kegiatan ini lanjut Dansatgas, dipimpin Dankima, Kapten Inf Sujito dan Dantonkes, Letda Ckm Budiana, dibantu beberapa anggota Satgas, terselenggara berkat kerja sama dengan Puskesmas Senggi untuk memberi pelayanan kesehatan kepada para lansia.

“Kegiatan Posyandu ini begitu penting dilaksanakan di wilayah perbatasan, apalagi sarana dan prasarana yang masih mimim. Sehingga memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat dan mudah dijangkau dari tempat tinggal masing-masing,” terangnya.

Selain memeriksakan kesehatan, lanjutnya, para lansia ini juga diberikan penyuluhan TBC, dan HIV/AIDS, pengobatan dan senam lansia, agar mereka juga mempunyai pengetahuan mengenali jenis-jenis penyakit, sekaligus dapat menghindarinya dengan menerapkan pola hidup sehat.

“Para lansia ini merupakan orang tua kita yang harus selalu mendapat perhatian, agar mereka tetap memiliki semangat dalam menjalani kehidupan ini,” jelasnya.

“Sebagai bagian dari masyarakat, Satgas mempunyai kewajiban moral untuk membantu pengobatan mereka, sekaligus juga meringankan beban mereka untuk berobat,” tandas Wira Muharromah.

Di tempat terpisah, Kepala Kampung Senggi Kristian (58), mengucapkan terima kasih atas kepedulian anggota Satgas yang sudah peduli terhadap kesehatan warga di kampungnya.

“Kehadiran bapak Satgas dapat memberikan motivasi dan tauladan bagi masyarakat khususnya lansia agar selalu memeriksakan kesehatan. Selain itu kami sangat terbantu dalam memberikan pelayanan kesehatan ini,” tuturnya.

Dirinya pun berharap, pemeriksaan kesehatan seperti ini juga diberikan secara rutin, dengan tujuan agar para lansia dapat selalu memeriksakan kesehatannya.

“Kami para Lansia sungguh bahagia mendapat pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara cuma-cuma. Ini sangat membantu dan meringkankan beban kami,”pungkasnya bahagia. (Red/Dispenad)

News Feed