oleh

Binter Terpadu Kodim 0201/BS,Bukti Eratnya Kemanunggalan TNI-Rakyat

OKEBUNG|
Pelaksanaan bakti sosial dalam rangka Binter Terpadu yang digelar Kodim 0201/BS menuai pujian dari Tim Wassev Kodam I/BB. Ini tak lain karena begitu eratnya kemanunggalan TNI dengan rakyat saat pelaksanaan bakti sosial.

Tim Wassev dipimpin oleh Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ideologi Kolonel Inf Igit Dono L. Peninjauan yang dilakukan pada Jumat (15/11) dimulai dengan mengunjungi Makoramil 10/ML. Kemudian dilanjutkan ke Danau Siombak, Kel Paya Pasir, Kec Medan Marelan. Di lokasi ini, diadakan bakti sosial kesehatan yang meliputi pelayanan KB, pemeriksaan THT, pemeriksaan mata, pemeriksaan gula darah, dan pemeriksaan kesehatan.

Setibanya di Danau Siombak, Kolonel Inf Igit didampingi Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga melakukan peninjauan ke seputaran danau menggunakan boat. Peninjauan dilakukan karena sebelumnya di danau ini ditemukan ratusan bangkai babi. Selepas melakukan peninjauan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian kunci rumah kepada veteran Boyamin. Pemberian secara simbolis ini menandakan kalau rumah Boyamin di Desa Lengau, Kec Tanjung Morawa sudah selesai direnovasi oleh Kodim 0201/BS. Selanjutnya diteruskan dengan pemberian kursi roda.

Dandim 0201/BS mengungkapkan kegiatan bakti sosial ini terlaksana berkat peran dari tokoh masyarakat dan warga di Kec Medan Marelan. Disebutkan Dandim, salah satu fungsi binter adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mantan Kapendam I/BB ini menuturkan dipilihnya Danau Siombak menjadi lokasi bakti TNI sebagai upaya untuk mengekspos wisata lokal. “Inilah yang coba kami bangkitkan lagi. Biar seluruh masyarakat Medan tahu kalau di Marelan ada wisata lokal,” ujarnya.

Untuk mewujudkan itu, Dandim mengajak seluruh komponen masyarakat mengambil peran. “Salah satunya dengan dukungan menjaga kondisi lingkungan yang baik. Jika kebersihan lingkungan terjaga, kawasan ini bakal ramai dikunjungi masyarakat. Dengan begitu juga akan meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya di seputaran danau,” bebernya.

Sementara itu, Kolonel Inf Igit menuturkan kedatangannya dalam rangka pengawasan dan evaluasi (wassev) untuk memastikan binter berjalan dengan baik.

“Bakti sosial ini luar biasa hasilnya. Jujur saya kaget. Karena masyarakat di Medan Marelan ini luar biasa perhatiannya terhadap TNI dan Polri,” katanya.

Perhatian itu terlihat dari dukungan masyarakat secara swadaya membangun kantor Koramil 10/ML. “Ini yang pertama kali saya temukan. Jarang ada masyarakat yang mau begitu (swadaya),” ungkapnya.

Kolonel Inf Igit menambahkan setelah meninjau Danau Siombak, perlu edukasi kepada masyarakat tentang pola dan cara memelihara lingkungan dengan baik. Sebab menurutnya, jika Danau Siombak dikelola dengan baik, tentunya akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) Medan. “Tentunya juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar Danau Siombak,” ujarnya. ( pendim)

News Feed