oleh

SEKLEM AAL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN, BACAKAN AMANAT MENTERI SOSIAL RI

-TNI AL-1.679 views

OKEBUNG|
Sekretaris Lembaga Akademi Angkatan Laut (Seklem AAL) Kolonel Laut (P) Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han). bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 di lapangan Banda, Mako Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Minggu (10/11).

Upacara dihadiri pejabat utama dan deputasi Perwira Menengah jajaran Akademi Angkatan Laut, serta diikuti pasukan upacara yang terdiri dari satu Kompi Perwira Pertama, satu Kompi Bintara, satu Kompi Tamtama, satu Kompi PNS dan satu unit Korsik AAL dibawah komando Komandan Upacara Mayor Marinir Jhon Gustap Kahiking yang sehari-harinya menjabat sebagai Palaksa Denma AAL.

Upacara diawali dengan prosesi penaikan Bendera Sang Merah Putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta secara serentak, diiringi lengkingan sirene selama 60 detik. Kemudian pembacaan teks Pancasila oleh Irup yang diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh perwira AAL, pembacaan kata-kata mutiara Pahlawan Nasional, amanat, do’a dan diakhiri dengan lagu Andhika Bhayangkari.

Pada upacara peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Irup membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Juliari P Batubara, dihadapan peserta upacara. Dalam sambutannya, Mensos RI menyampaikan bahwa setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut Kemerdekaan Indonesia, pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 mengangkat tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, dengan harapan peringatan ini dapat membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.

Menurut Menteri Sosial RI Juliari P Batubara, menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat, pesan Mensos RI.(red)

News Feed