oleh

DANDIM 0812/LAMONGAN PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN PERSAMI BAKTI SAKA WIRA KARTIKA

OKEBUNG|
Dandim 0812/Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono meresmikan berlangsungnya Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) yang saat
ini diikuti oleh Praja Muda Karana Saka Wira Kartika di wilayah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sabtu, 09 Nopember 2019.

Melalui amanat yang dibacakannya, Letkol Sidik mengatakan jika selama berlangsungnya Persami itu, para peserta akan dibekali
tentang bela negara. Ia menilai, bela negara merupakan kewajiban dasar manusia, sekaligus kehormatan bagi setiap warga negara.

“Bela negara harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban demi bangsa dan negara (NKRI, red),”jelas Dandim.

TNI, kata mantan Danyonif Raider 500/Sikatan itu, berperan penting dalam membentuk karakter pelajar. Itu sesuai, dengan apa yang sudah dituangkan di dalam UU RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

“Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara,mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari
ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” tegasnya.

“Sedangkan pada ayat dua, menyatakan bahwa tugas pokok TNI dilaksanakan melalui operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP) serta pada butir delapan menyatakan pemberdayaan wilayah pertahanan dan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta sebagai aplikasi dari pemberdayaan
wilayah pertahanan salah satunya memberdayakan sumber daya manusia (SDM)
masyarakat Indonesia terutama generasi potensial dalam wadah pembinaan gerakan Pramuka,” ungkap almamater Akademi Militer tahun 2001 ini.(red)

News Feed