oleh

Dandim 0307/Tanah Datar Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019

OKEBUNG|
Komandan Kodim 0307/Tanah Datar Letkol Inf Edi S Harahap SPd M.I Pol,inspektur upacara (Irup) Peringatan Hari Pahlawan dan pimpin Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan, Minggu (10/21/2019).

Upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 ini dengan tema “AKU PAHLAWAN MASA KINI, Bangsa yang maju dan mandiri adalah cita-cita para Pahlawan Kusuma Bangsa” digelar di Lapangan Gumarang Batusangkar Jalan Sultan Alam Bagagarsyah Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Hadir pada upacara ini Dandim 0307/TD Letkol inf Edi S Harahap SPd M.I Pol, Kapolres tanah datar AKBP Rohmat Hari Purnomo S. Ik, Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat SH MH,Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Purnomo Hadiyanto SH.Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Ketua Pengadilan Agama Batusangkar, Kasdim 0307/TD Mayor Inf Munawar, Wakapolres Tanah Datar Kompol A. Daulay SH, Ketua Persit KCK cabang LXI Kodim 0307/TD Ny Bulan Edi S Harahap beserta pengurus, Ketua Bhayangkari Polres Tanah Datar beserta para pengurus, Ka Kesbangpol Tanah Datar Irwan S.Sos, PA Kodim 0307/TD, PA Polres Tanah Datar, Kepala OPD lingkungan pemda Tanah Datar, Para Veteran Tanah Datar dan Tamu Undangan.


Adapun peserta pasukan upacara adalah
Satu pleton personil Kodim 0307/TD, Satu pleton personil Polres tanah datar, SSatu pleton gabungan satpol PP dan Damkar tanah datar, Satu pleton Dishub tanah datar dan Tagana tanah datar, Satu SSK ASN pemda tanah datar, Satu pleton mahasiswa IAIN Batusangkar dan KNPI tanah datar, Dua pleton siswa siswi SMA, Dua pleton siswa siswi SMP, Satu SSK pelajar SD se-kabupaten tanah datar., Kelompok Drumband dan Kelompok paduan suara.

Sambutan Dandim 0307/TD membacakan amanat, Setiap hari pahlawan kita di ingatkan kembali terhadap peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Dengan peringatan hari pahlawan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan,sebagai mana ungkapan salah seorang the Founding Fathers kata bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawan nya dapat menjadi bangsa yang besar, selain itu peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat motivasi bagi anak anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sebagai mana tema kita pada hari ini *aku pahlawan masa kini*.

Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah di bangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.

Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat di isi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan,Selamat Hari Pahlawan 2019.

Usai upacara dilanjutkan dengan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Batusangkar. Pelaksanaan upacara ziarah dipimpin Kapolres Tanah Datar.

Kegiatan ziarah ini Dandim 0307/TD melaksanakan doa dan menabur bunga di makaam para sesepuh dan veteran. (Red)

News Feed