oleh

Kapten Laut (P) Niko Ardiansyah,S.S.T.Han Pama Kodiklaktal Raih Prestasi Terbaik Sus Sishanudnas XIII TA 2019

banner 200x200 banner 200x200

OKEBUNG|
Kapten laut (P) Niko Ardiansyah, S.ST (Han), yang sehari harinya menjabat Pasenart Divisi PIT Pusat Latihan Elektronika dan Kendali Senjata (Puslatlekdalsen) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) berhasil menjadi lulusan terbaik dalam pelaksanan Kursus Sistim Pertahanan Udara Nasional (Sus Sishanudnas) XIII TA 2019. di Pusat Pendidikan Latihan (Pusdiklat) Hanudnas Surabaya.

Kursus Sistim Pertahanan Udara Nasional (Sus Sishanudnas) XIII TA 2019 ini diselenggarakan oleh Pusdikbangspes Kodiklat TNI, diikuti 20 Perwira yang berasal dari tiga matra TNI. Ketiga matra tersebut antara lain TNI AD yang menyertakan satu peserta, TNI AL enam peserta dan TNI AU menyertakan 13 peserta .

Dalam sistim pertahanan udara nasional NKRI membutuhkan kekuatan inti dari pertahanan udara yang tidak hanya mengandalkan TNI AU sebagai kekuatan TNI untuk memperoleh air supremacy maupun air superiority, tetapi juga membutuhkan TNI AD dan TNI AL yang saling terintegrasi dengan baik untuk menjaga wilayah udara nasional.

TNI AD sebagai kekuatan dalam Hanud dan TNI AL sebagai unsur gapfiller merupakan bagian dari kekuatan inti dalam penyelenggaraan operasi pertahanan udara.

Adapun yang menjadi penilaian kelulusan peserta tersebut meliputi beberapa bidang antara lain Bidang Studi Pembinaan Kejuangan, Bidang Studi Pembinaan Kualifikasi Kejuruan (pengetahuan dasar, pengetahuan pokok, pengetahuan pendukung dan latihan praktis) serta Bidang Studi Pembinaan Jasmani.

Bidang lainya adalah bidang Kejuangan meliputi HAM dan Hukum Humaniter. Bidang Studi Pembinaan kualifikasi Kejuruan berupa beberapa pengetahuan seperti hakekat ancaman udara, sishaneg, opsgab TNI, opsudgab, air power, pernika hanud, sista radar hanud, sista tempur sergap, sista hanud TNI, ROE, siklop serta mekanisme prosedur operasi hanud. Bidang Studi Pembinaan Jasmani berupa kesegaran jasmani baterai A dan baterai B.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed