oleh

KOMANDAN SATUAN KAPAL CEPAT KOARMADA II BERIKAN PEMBEKALAN KEPADA PESERTA LATIHAN GLAGASPUR TINGKAT III TERPADU

-TNI AL-1.303 views

OKEBUNG|
Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmada II Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo memberikan pembekalan kepada 200 peserta latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III/ L3 Terpadu Satkat Koarmada II TA. 2019, bertempat di Gedung Tactical Floor Game (TFG) Puslatkaprang Koarmada II. Selasa (05/11).

Dalam pembekalan kali ini Dansatkat Koarmada II menyampaikan bahwa latihan yang diselenggarakan sekarang pada dasarnya merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kehandalan kapal sebagai komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), agar dapat dicapai tingkat siap operasional yang dipersyaratkan.

Dansatkat Koarmada II juga menjelaskan bahwa tujuan dari latihan Glagaspur Tingkat-III/L3 terpadu Satkat Koarmada II ini adalah untuk melaksanakan rangkaian latihan dan uji terampil guna mengetahui tingkat kemampuan ABK dalam penugasan, pemahaman serta keterampilan dalam mengawaki peralatan di pos tempur agar mempunyai standar yang dipersyaratkan dalam melaksanakan tugas operasi dan latihan bersama-sama dengan kapal sejenis dan kapal tidak sejenis di dalam satuan kapal cepat.

Latihan Glagaspur Tingkat-III/L3 terpadu Satkat Koarmada II ini di awali dengan tahap darat atau Harbour Phase yang terdiri dari penyampaian teori-toeri klasikal, paparan rencana latihan, Tactical Floor Game yang nantinya diterapkan dengan manuver lapangan dalam latihan VBSS. Yakni sebuah latihan tentang kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal dan merupakan komponen wajib pada KRI yang dimiliki oleh TNI AL untuk menekan berbagai bentuk pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut yang dilaksanakan sejak tanggal 19 Oktober hingga 13 November 2019 ini.

“ Untuk seluruh peserta latihan agar terus mengembangkan pengetahuan teknik serta mekanisme dan prosedur operasi dan latihan yang akan dipaparkan dalam Officer Conducting Serial (OCS) Plan atau perintah latihan dari perwira serial latihan yang akan di uji dalam TFG dan Tactical Game di Emulator Puslat Kaprang Koarmada II, sebagai pedoman dalam manuver latihan di lapangan. dengan demikian apa yang dihasilkan dalam proses perencanaan latihan akan sangat menentukan keberhasilan manuver dilapangan nantinya, “ tegas Hariyo.

Hariyo berharap semoga latihan ini mampu meningkatkan profesionalisme para prajurit Satuan Kapal Cepat, sehingga TNI Angkatan Laut yang kita cintai bersama ini selalu siap mengemban tugas negara kapanpun diperlukan.(red)

News Feed