oleh

Dandim 0201/BS Ikuti Semnas Studi Wilhan Pasis Dikreg LVII Seskoad TA 2019

OKEBUNG|
Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J. Sinaga S. Sos mengikuti Seminar Nasional (Semnas) Studi Wilayah Pertahanan (Wilhan) Pasis Dikreg LVII Seskoad TA 2019,Rabu (6/11/2019). Kegiatan ini dibuka oleh Aster Kasad Mayjen TNI Bhakti Agus Fadjari di Gedung Prof. Dr. Satrio Seskoad.


Menurut Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J. Sinaga S. Sos, tema seminar itu tentang peran satuan komando kewilayahan dalam menciptakan kondisi sosial, politik dan keamanan yang kondusif pasca-Pemilu 2019 dan merupakan satu usaha untuk menjamin keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Tema ini sangat relevan dengan kondisi bangsa kita saat ini. Kita tahu, pada pemilu, persaingan kandidat dan pendukung sangat ketat dan masih menyisakan berbagai persoalan kondisi sosial,” kata Dandim.

Dandim Menambahkan, “oleh sebab itu untuk mencegah disintegrasi bangsa maka diperlukan peran kodim untuk ikut dalam pemberdayaan dan memberikan rasa aman demi terwujudnya persatuan dan kesatuan di wilayah pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kondisi Pasca Pemilu tersebut, sambungnya,Kondisi sosial, Politik dan Keamanan harus segera dibenahi agar tidak berkembang menjadi konflik berkepanjangan dan mengganggu integritas nasional. Peranan TNI, khususnya satuan komando kewilayahan sangat diperlukan agar situasi bisa kondusif.

Pada hakekatnya pertahanan negara Republik Indonesia adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri dengan melibatkan segenap kekuatan nasional secara terpadu. tutupnya

(Pendim)

News Feed