oleh

LANTAMAL IX JALIN KERJASAMA DENGAN POLTEKKES KEMENKES MALUKU GELAR PENGABDIAN MASYARAKAT

-TNI AL-1.134 views
banner 200x200 banner 200x200

OKEBUNG|
Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX menjalin kerjasama dalam rangka mendukung kegiatan Poltekkes Kemenkes Maluku melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat dengan tema “Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Melalui Penyuluhan dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Awam” bagi masyarakat nelayan di Dusun Kasuari Kecamatan Leihitu Kab. Maluku Tengah. Kegiatan terlaksana dari tanggal 16 – 18 Oktober 2019.

Komandan Lantamal IX Laksamana Budi Purwanto, S.T., M.M., sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat membantu bagi nelayan pesisir, sehingga dapat dijadikan bekal apabila terjadi pertolongan yang sesungguhnya.

Pada kesempatan tersebut selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Suardi Zurimi menambahkan bahwa ini merupakan Visi dan Misi Poltekkes Kemenkes Maluku tentang Tri Dharma masyarakat, dimana kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pengabdian masyarakat yang terprogram dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, diharapkan sangat bermanfaat karena Dusun Kasuari jauh dari pelayanan kesehatan apabila dibutuhkan yg emergensi, selain itu juga untuk kehidupan sehari – hari karena berhubungan dengan laut.

Adapun materi yang diberikan yakni bantuan hidup dasar awam pesisir oleh Ketua Tim pengabdian masyarakat Suardi Zurumi dan cara bertahan hidup dilaut dengan mengapung/menunggu (Uitemate) oleh Ketua Koordinator Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Kapten Laut (K) Agus Wijaya. Selain itu juga dilaksanakan praktek dilaut yang diikuti sebanyak 35 peserta dari nelayan setempat.

Selaku Kepala Dusun La Alimin Wagola mewakili seluruh masyarakat Dusun Kasuari mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak Poltekkes Kemenkes Maluku dan Lantamal IX karena sudah memberikan pelatihan kepada nelayan. Harapan kedepannya terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat Dusun Kasuari, apabila dimungkinkan ada dukungan pembuatan sarana air bersih karena masih kekurangan air bersih. (Red)

News Feed