oleh

Juara Umum Lomba Sumpit, Kontingen Singkawang Boyong Piala Bergilir Pangdam XII/Tpr

banner 200x200 banner 200x200

OKEBUNG|
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasinonal Indonesia, Kodam XII/Tanjungpura menggelar Lomba Sumpit se-Kalimantan Barat bertempat di Lapangan Perkasa Kodam XII/Tpr. Lomba Sumpit dibuka oleh Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Alfred Denny D. Tuejeh. Ditandai dengan pemukulan gong oleh Kasdam XII/Tpr didampingi oleh Wadanlantamal XII/Pontianak, Kolonel Mar Bambang Hadi. S., dan Kaprogar Lanud Supadio, Letkol Adm Agus Supriyanto.

Lomba Sumpit yang memperebutkan piala bergilir Pangdam XII/Tpr ini diikuti oleh sebanyak 14 kontingen dari seluruh Kabupaten dan Kota di Kalbar.

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Alfred Denny D. Tuejeh saat membuka lomba menyampaikan, di lingkungan militer kemampuan atau keterampilan memainkan sumpit sebetulnya tidak asing bagi prajurit terutama prajurit Kopassus. Di Kopassus menyumpit ini dipelihara sebagai salah satu keahlian khusus.

“Itu sebabnya Kodam XII/Tpr juga berupaya untuk memelihara keahlian itu disamping juga melestarikan budaya lokal yang bisa dilombakan tetapi juga pada waktu tertentu bisa menjadi senjata yang bisa digunakan untuk mempertahankan negara ini,” ujar Kasdam XII/Tpr.

Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Alfred Denny D. Tuejeh yang juga mantan Kadispenad ini berharap olahraga menyumpit ini terus dipelihara dan dilestarikan sebagai budaya lokal dan kebanggaan masyarakat di pulau Kalimantan.

Adapun yang berhasil menjadi pemenang untuk kategori putra, juara pertama diraih oleh Leo Dedi dari kontingen Kota Singkawang, urutan kedua diraih Beny, B., dari kontingen Kota Pontianak sedangkan urutan ketiga diraih Andarius Tiro dari kontingen Kabupaten Sanggau.

Untuk kategori putri juara pertama diraih oleh saudari Angelica dari kontingen Kota Singakawang, urutan kedua diraih Novi dari kontingen Kota Pontianak disusul urutan ketiga diraih penyumpit asal kontingen Kabupaten Kubu Raya saudari Niraysiah.

Sedangkan untuk piala bergilir Pangdam XII/Tpr pada tahun ini berhak diboyong oleh kontingen dari Kota Singkawang yang pada tahun 2018 kemarin diraih oleh kontingen Kabupaten Sanggau. (Red/Pendam XII/Tpr)

News Feed