oleh

Komsos bersama Nakhoda, Babinsa Koramil 09/Sirombu Jaga Keselamatan Penumpang Kapal

banner 200x200 banner 200x200

OKEBUNG|
Salah satu tugas Babinsa yakni membangun Komsos ke semua lapisan masyarakat, agar bisa saling memberikan informasi, dan juga merupakan sarana menyerap aspirasi keinginan dari bawah. Sehingga Komsos ini pula merupakan sebuah tuntutan agar bisa dilaksanakan dengan baik.

“Komunikasi sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat dalam pelaksanaan tugas satuan teritorial merupakan suatu keharusan yang dilandasi dengan niat yang tulus dan ikhlas serta didorong oleh keinginan untuk mempererat tali silaturahmi guna memantapkan hubungan emosional yang erat dan harmonis antara TNI dan Rakyat,dan melalui Komsos, Babinsa juga memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat, “ungkap Danramil 09/Sirombu Kapten Inf Aman Simbolon, Rabu (09/10/2019)

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 09/Sirombu Kodim 0213/Nias Serda Niaston Simatupang dalam komsosnya ini memberi himbauan kepada para calon penumpang Pelabuhan Penyeberangan Kapal Sirombu Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat dengan tujuan pulau-pulau terluar yang ada diwilayah Nias Barat

“Komsos yang dilaksanakan secara rutin sesuai dengan jadwal kedatangan maupun keberangkatan kapal motor/Sped Boat dengan tujuan beberapa pulau yang ada di Kecamatan Sirombu termasuk pulau Hinako, Pulau Bawa dan Pulau Asu ataupun sebaliknya ini guna memberikan keamanan dan keselamtan penumpang kapal, “jelas Danramil.

Terkait aspek keselamatan,Babinsa Koramil 09/Sirombu Serda Niaston Simatupang menekankan agar operator kapal laut menjunjung tinggi disiplin bagi para awak kapal termasuk nakhoda yang mengoperasikan armada kapal, agar selalu koordinasi dengan pihak pegawai pelabuhan maupun TNI dan Polri yang diyakini dapat lebih menjamin keamanan penumpang angkutan laut.

Apalagi jadwal kedatangan atau keberangkatan kapal motor/Sped Boat yang ada di wilayah Sirombu selalu berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi cuaca pada saat keberangkatan.

“Sebagai aparat kewilayahan yang notabenenya ada di wilayah Koramil 09/Sirombu selalu siap dan stanby dalam pengamanannya sehingga berharap kedatangan ataupun keberangkatan para penumpang dapat merasakan keamanan dan kenyamanan, “sebut Danramil.

Babinsa Serda Niaston Simatupang menghimbau kepada para penumpang agar memakai Life jacket atau jaket pelampung. Bukan hanya berupa himbauan semata, namun ia menghampiri para penumpang untuk selalu mengenakan life jaket dalam posisi terpakai dengan benar.

“Kepada para penumpang agar mengenakan Life Jacket sesuai dengan standar operasional prosedur atau ketentuan yang sudah berlaku agar dikancingkan resletingnya, apabila terjadi sesuatu hal ditengah laut tidak panik, “beber Serma Sunaryanto
 
Ia mengungkapkan, Babinsa 09/Sirombu melakukan hal ini semata-mata hanya ingin membantu masyarakat agar dalam melaksanakan perjalanan tidak ada hambatan dan selamat sampai tujuan.(red)

News Feed