oleh

PANGDAM II/SRIWIJAYA TANAM POHON MANGROVE DI PESISIR PANTAI TANJUNG API-API

banner 200x200 banner 200x200

OKEBUNG|
Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S,I,P., M. Hum., melaksanakan penanaman pohon Mangrove di wilayah Pesisir Pantai Tanjung Api-api Desa Muara Sungsang Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (7/10/2019). Kegiatan ini melibatkan unsur TNI, Polri, Instansi Pemerintahan, pelajar dan masyarakat yang digelar secara serentak dalam rangka pemecahan rekor MURI penanaman 4.500 pohon Mangrove sekaligus memeriahkan HUT Ke-74 TNI.

Dipilihnya pohon Mangrove dikarenakan tumbuhan ini memiliki akar yang kuat dan saling terhubung antara tumbuhan induk satu dengan tumbuhan induk lainnya, membentuk jalinan dan rumpun akar yang mampu menahan ombak sehingga kawasan pesisir terhindar dari bahaya erosi.

Hutan mangrove selain mampu melindungi kawasan pantai juga mampu menghidupi ekosistem di sekitarnya, Selain itu, Penanaman bibit mangrove merupakan ekosistem esensial di dunia dalam mendukung sektor perikanan, mengurangi erosi pantai, sebagai upaya konservasi keanekaragaman hayati serta menyediakan sumber mata pencaharian bagi banyak orang.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., mengatakan bahwa, selain dalam rangka memeriahkan HUT Ke-74 TNI Tahun 2019, tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk memelihara lingkungan hidup, sekaligus mempererat tali silaturahmi dan membangun semangat kebersamaan antara TNI, Polri dan dengan semua komponen masyarakat, juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan kita pada lingkungan hidup.

“Mari kita jaga alam kita agar pohon Mangrove ini menjadi tempat wisata alam yang indah. Kita semua harus menjadi penjaga lingkungan kita. Seluruh elemen masyarakat, OPD, TNI, Polri dan masyarakat agar bahu membahu menjaga lingkungan pemerintah daerah menjadi aman dan bersih. Semua ini akan sukses apabila kita semua bekerjasama”, tegas Pangdam.

“Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi kita semua, sebagai upaya dalam memelihara lingkungan hidup serta membangun kebersamaan dan silaturahmi diantara kita semua”, ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Danlanal Palembang Kolonel (Laut) Sariyanto, Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Rionardo, Periwra LO TNI AL Kolonel (Mar) Hendra Setiawan, S.E., Dandim 0430/Banyuasin Arh Alfian Amran, S.T., M.M., Kapolres Banyuasin AKBP Dani Ardiantara B. Sianipar, Dirpol Air AKBP Imam Tabroni, S.ik., Staf Ahli Pemda Kab. Banyuasin, Kadis Kehutanan Prov. Sumsel, Kadis Lingkungan Hidup Prov. Sumsel., Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api-api, Kepala UPTD KPH Wil. III Palembang dan tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui bahwa, penanaman pohon Mangrove ini merupakan Program TNI yang dilaksanakan secara serentak di Seluruh Indonesia dari Sabang sampai Meraoke, sekaligus untuk Pemecahan Rekor Muri dengan jumlah 300.074 Pohon Mangrove. Adapun Tema yang diusung, _“Mari Selamatkan Bumi Demi Anak Cucu Kita“.

Penanaman 300.074 Mangrove mendapat penghargaan langsung dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena telah memecahkan rekor penanaman Mangrove terbanyak secara serentak di 74 titik wilayah Indonesia, dan TNI dinilai sebagai institusi yang peduli terhadap lingkungan.

Penerimaan penghargaan dari MURI diserahkan secara langsung oleh Senior Manager MURI Yusuf Ngadri secara simbolis kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara, Senin (7/10/2019).(red)

News Feed