oleh

Jet Ski dan Hovercraft Bekangad Unjuk Gigi di HUT Ke-74 TNI

-DISPENAD-1.389 views
banner 200x200 banner 200x200

OKEBUNG|
Satuan Perbekalan dan Angkutan Angkatan Darat (Bekangad) tampil percaya diri membawa Jet Ski FZR dan Hovercraft Rajawali yang menjadi andalannya dalam Defile Pasukan HUT ke-74 TNI Tahun 2019 di Lanud Halim Perdana Kusuma.

Hal tersebut disampaikan pimpinan parade Alutsista Perbekalan Angkutan Angkatan Darat, Letkol Cba Teddy Rudianto, dalam rilis tertulisnya, Minggu (6/10/2019).

Diungkapkan Teddy, kendaraan Jet Ski maupun Hovercraft yang ditampilkan tersebut telah banyak digunakan dalam rangka tugas maupun latihan.

“Kendaraan baru Bekangad yang dimiliki TNI AD ini telah teruji dalam beberapa latihan gabungan TNI diantaranya latihan antar kecabangan di Natuna dan yang terakhir di Situbondo,” ungkap Teddy.

Jet Ski jenis FZR Turbo Charge yang ditampilkan pada HUT TNI merupakan kendaraan peluncur dengan sistem water jet.

“Kendaraan ini memiliki kapasitas 2 (dua) personel sebagai awak untuk mobilitas tinggi di pantai untuk melakukan penyebaran yang cepat dengan kemampuan jelajah hingga 40-45 knot,” terang Teddy.

Selain itu, tambah Teddy, Jet Ski ini juga dapat digunakan untuk melakukan manuver taktis lingkar kanan atau kiri dengan akurasi yang tinggi serta stabilitas yang tinggi.

Sementara itu, Hovercraft Rajawali merupakan kendaraan amfibi milik Angkatan Darat yang mampu berjalan di air, lumpur, dan darat dengan membawa beban yang cukup berat. Kendaraan ini berupa kapal berlambung tertutup dengan bantalan (air cussion) di bagian bawah serta baling-baling di bagian belakang yang berfungsi mendorong kapal.

”Di lapangan, Hovercraft berperan sebagai sarana penunjang dalam kegiatan pasukan di rawa, laut, sungai, dan pantai (ralasuntai). Hovercraft biasa digunakan untuk mengangkut logistik ke daerah-daerah yang sulit dijangkau,” jelas Teddy.

Disampaikan lebih lanjut, Hovercraft yang ditampilkan saat HUT ke-74 TNI di Halim adalah buatan Jerman yang didatangkan tahun lalu di mana mesin inboard atau outboard standar dengan baling-baling terendam tidak praktis, terutama di sungai dangkal. Saat ini, Angkatan Darat baru memiliki dua kendaraan Hovercraft.

Dengan semboyan “Logistik tidak dapat memenangkan pertempuran, tetapi tanpa logistik pertempuran tidak dapat dimenangkan”, Letkol Teddy yang juga menjabat sebagai Danyongbekang-4/Air berharap agar sarana pendukung seperti Jet Ski dan Hovercraft ini ke depannya akan diperbanyak agar semakin mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat khususnya satuan Bekang sendiri.

Sebelum menutup wawancara, tidak lupa Teddy mengucapkan selamat kepada TNI yang berulang tahun ke-74. “Semoga TNI semakin jaya dan selalu dicintai oleh rakyat,” pungkas alumni Akmil 2000 tersebut. (Red/Dispenad)

News Feed