oleh

Pangdam XVI/Pattimura Bantu Trauma Healing Pascagempa Warga Pengungsian

banner 200x200 banner 200x200

OKEBUNG|
Pasca Gempa yang melanda sejumlah wilayah di Maluku khususnya Pulau Ambon meninggalkan bekas trauma di hati dan pikiran banyak orang termasuk anak-anak. Di tengah situasi mencekam, penting bagi anak-anak dan orang dewasa untuk mendapat pelayanan pemulihan trauma atau trauma healing yang berada di tempat pengungsian.

Hal tersebut yang menggugah Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq untuk membantu menghilangkan trauma bagi para pengungsi. Sejak malam tanggal (05 s.d 06 Oktober 2019) Pangdam XVI/Pattimura beserta Ketua Persit KCK PD Kodam XVI/Ptm Ny. Nida Marga Taufiq bersama rombongan PJU (Pejabat Utama) Kodam XVI Pattimura dan Keluarga besar Rindam XVI/Ptm menginap bersama pengungsi di tempat pengungsian yang berada di Lapangan Bola Mako Rindam XVI/Pattimura, Desa Suli, Kec Salahutu, Kab Malteng.

Menurut Pangdam, trauma healing bertujuan untuk mengantisipasi post-traumatic syndrome disorder (PTSD). PTSD adalah gangguan stres pascatrauma.

Trauma healing untuk anak, kata Pangdam, cenderung agak sulit sebab anak seringkali sulit bercerita perihal kecemasannya seperti orang dewasa. Kata Pangdam, bermain dalam perlombaan menjadi metode trauma healing yang tepat buat anak. Untuk itu, Pangdam beserta Ibu Ketua, PJU Kodam dan Pengurus Persit KCK PD Kodam XVI/Ptm melaksanakan senam SKJ bersama. Dilanjutkan dengan perlombaan makan kerupuk, perlombaan memindahkan tepung dan perlombaan joget balon tingkat anak-anak.

Anak-anak korban Gempa yang berada dipengungsian terlihat sangat senang dan gembira bahkan seakan tidak pernah terjadi gempa.

Selain itu, sambil Gowes bersama, Pangdam beserta rombongan juga turut meninjau tempat pengungsian yang berada di Kampus Darusalam Tulehu, Negeri Tulehu Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah. Disana, Pangdam beserta rombongan memberikan sejumlah bantuan berupa berupa uang, sembako, obat-obatan, tenda alat selimut kepada para pengungsi.

Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura, Ny Nida Marga Taufiq kepada Ibu Mirati Dewaningsih/Tuasikal isteri Bupati Malteng didampingi Bapak Panglima, Bupati Malteng dan Ka BNPB Maluku. (Red/Pendam16)

News Feed