oleh

WAGUB AAL HADIRI HUT TNI DI MAKODAM V/BRAWIJAYA

banner 200x200 banner 200x200

OKEBUNG|
Wagub Akademi Angkatan Laut (AAL) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. didampingi istri Ny. Nana Endi Supardi menghadiri upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia di Makodam V/Brawijaya Surabaya, Sabtu (5/10/2019).

Dalam upacara tersebut, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. kepada seluruh peserta upacara.

Panglima TNI mengucapkan, Selamat Ulang Tahun Ke-74 dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia yang kita cintai dan banggakan kepada seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran TNI bertugas serta mengucapkan selamat kepada seluruh Keluarga Besar TNI.

Panglima TNI juga merasa bangga kepada seluruh prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitas dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara. “Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi”. Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 TNI adalah “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”, kata Panglima TNI.

“Sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak terbatas dan masuk berbagai dimensi”, kata Panglima TNI.

Menurut Panglima TNI, menghadapi perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks, diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan, meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI.

“Dalam rangka pembangunan kekuatan TNI, telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018 sampai dengan 2019, yaitu pembentukan Divisi Infanteri-3/Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir pada tanggal 11 Mei 2018, pembentukan Satuan TNI Terintegrasi (STT) Natuna pada tanggal 18 Desember 2018, pembentukan Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI pada tanggal 30 Juli 2019 dan pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II dan III pada tanggal 27 September 2019”.

Sementara itu, perayaan HUT TNI ke 74 di Makodam V/Brawijaya berlangsung meriah. Usai apel, ada penampilan drama kolosal yang di dalamnya menceritakan kisah perjuangan tentara Indonesia saat perang Mayangkara.

Pada acara tersebut, juga dihadiri oleh Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si. dan para pejabat TNI wilayah Surabaya serta pasukan upacara dari TNI Polri.(red)

News Feed