oleh

PRAJURIT BHUMI MARINIR KARANGPILANG PERINGATI HUT TNI KE 74

banner 200x200 banner 200x200

OKEBUNG|
Komandan Resimen Batuan Tempur 2 Korps Marinir Kolonel Marinir Citro Subono memimpin upacara peringatan HUT Ke 74 TNI Tahun 2019 di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang Surabaya, Sabtu (05/10/2019).

Upacara yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS tersebut, terdiri dari 1 Kompi Perwira Menengah dan Perwira Pertama, 1 Kompi Upacara dari Yontaifib 2 Mar, 1 Kompi Upacara dari Yontank 2 Mar, 1 Batalyon Upacara dari Menart 2 Mar, 1 Batalyon Upacara dari Menbanpur 2 Mar dan 1 Pleton upacara dari PNS. Upacara diawali dengan prosesi pengibaran berdera sang merah putih. Adapun yang bertindak sebagai Danup Kapten Marinir Tejo Nugroho yang sehari-hari menjabat sebagai Pasilog Yonzeni 2 Mar, sedangkan bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Lettu Mar Darto, serta pengucap Sapta Marga Serda Mar Bayu Aji Saputro Bintara Yonzeni 2 Mar.

Amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, yang dibacakan Danmenbanpur 2 Mar selaku Irup menyampaikan ucapan “Selamat Ulang Tahun ke-74 dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, yang kita cintai dan banggakan bersamaā€¯.

Lebih lanjut, Panglima TNI menyampaikan rasa bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya, dalam melaksanakan setiap tugas. Oleh karena itulah, tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 ini adalah “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”. Sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks.

Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi baru dan metode peperangan baru, hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap

menghadapinya.

Menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Menbanpur 2 Mar Letkol Marinir Darwin Tambunan, Wadan Menart 2 Mar Letkol Marinir Gunawan Tri Utomo, Perwira Staf Resimen Art/Banpur, Komandan satuan pelaksana Pasmar 2 yang ada di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang.(yan)

News Feed