oleh

PERAN PARA TOKOH SANGAT DI PERLUKAN UNTUK MENYIAPKAN KOMPONEN BANGSA

Danramil-702/Pondok Gede Mayor Kav. Imam Purwanto pada Sabtu 20/7/2019 melaksanakan Komunikasi Sosial (KOMSOS) dengan Komponen Masyarakat yang berada diwilayah Koramil-702/Pondok Gede.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Makoramil-702/Pondok Gede Jlr. Jati Waringin Kelurahan Jati Waringin Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi di ikuti oleh sekitar 70 orang, dengan tema ” MELALUI SILAHTURAHMI DENGAN KOMPONEN MASYARAKAT, KITA TINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR, WAWASAN KEBANGSAAN DAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA DALAM RANGKA MEMBANTU KESULITAN RAKYAT, SERTA MENJAGA DAN MEMPERTAHANKAN KEDAULATAN NKRI”.

Dalam kegiatan tersebut Danramil mengucapkan rasa terima kasih kepada para Tokoh dan Aparatur Pemerintahan yang telah rela meluangkan waktunya untuk dapat hadir dalam silahturahmi ini. Kegiatan Komsos ini adalah merupakan salah satu cara untuk kita saling berkomunikasi, saling bertukar pikiran, ide maupun gagasan untuk bersama-sama membangun dan menjaga stabilitas pertahanan keamanan diwilayah kita.

Danramil juga menyampaikan bahwa tugas kami sebagai aparat teritorial tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya komunikasi dan dukungan dari para tokoh sekalian. Sebagai mana telah diatur dalam undang-undang bahwa tugas militer, selain melaksanakan tugas tempur ada juga tugas non tempur, dimana salah satu tugas non tempur adalah menyiapkan komponen-komponen masyarakat yang ada, baik untuk didik menjadi komponen utama maupun komponen cadangan atau rakyat terlatih. Hal itu dilakukan guna membantu kesulitan rakyat yang tertimpa bencana atau kesusahan, terlebih lagi guna menghadapi setiap gangguan maupun ancaman dari dalam maupun luar negri yang sewaktu-waktu dapat timbul.

Disinilah peran para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh lapisan masyarakat serta unsur aparatur pemerintahan sangat diperlukan, mengingat ada beberapa faktor yang mungkin akan menjadi kendala yang akan kita hadapi, diantaranya SDM yang terbatas, arus teknologi yang tak terbendung, ekonomi, sosial budaya serta rasa kurang kepedulian terhadap hal-hal yang dapat mengancam stabilitas pertahanan keamanan serta masih banyak lagi faktor lainnya.

Di akhir penyampaiannya Mayor Kav. Imam Purwanto menyampaikan, bahwa ideologi Pancasila selama 74 tahun ini telah terbukti mampu merekatkan persatuan dan kesatuan seluruh lapisan bangsa, adanya riak-riak kecil di dalam perjalan kehidupan berbangsa itu adalah hal yang sudah biasa, karena dinegara manapun di dunia ini pasti terjadi. Sudah menjadi kewajiban kita, untuk selalu harus mampu untuk mendeteksi dini dan cegah cegah dini terhadap segala permasalahan yang timbul sampai ke akarnya, hal itu dimaksud agar setiap permasalahan yang ada tidak terus berkembang apalagi sampai di tumpangi oleh kepentingan tertentu. Ideologi Pancasila dan UUD 1945 sudah final, dan tak dapat dirubah lagi. Ideologi ini harus diteruskan dengan cara mempelajari dan mengajarkannya kepada generasi penerus kita, agar kelak mereka senantiasa selalu bisa melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, tutup Danramil.

Hadir dalam kegiatan Silahturahmi dan Komunikasi Sosial tersebut Danramil-702/Pd. Gede Mayor Kav. Imam Purwanto, para anggota Babinsa Koramil-702/Pd. Gede, Aparatur Pemerintahan, Para Toga, Tomas dan Toda serta Anggota Mitra binaan di wilayah Koramil-702/Pondok Gede.

Kegiatan Silahturahmi atau Komunikasi Sosial dengan unsur elemen masyarakat merupakan kegiatan secara terprogram yang terus dilaksanakan oleh seluruh aparat teritorial, dimana Koramil-702/Pondok Gede pimpinan Mayor Kav. Imam Purwanto sebagai Danramil mempunyai wilayah teritorial sebanyak 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Pondok Gede, Kecamatan Pondok Melati dan Kecamatan Jati Sampurna dengan 14 Kelurahan ada didalamnya dan merupakan Koramil yang menjadi jajaran dari Kodim 0507/Bks Korem 051/Wkt Kodam Jaya.

News Feed