oleh

WMBN Motivasi Pelajar Masuk TNI

OKEBUNG|
Personel TNI tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -101 Kodim 0204/DS, Jum’at (27/04/2018), mengelar kegiatan Wisata Matematika Bela Negara (WMBN) yang diikuti puluhan pelajar SMPN 1 Kutalimbari ini digrlar Koramil 03/Ktb.

Komandan Kodim 0204/DS Letkol Arm Asep Hendra Budiana mengatakan bahwa sudah saatnya generasi muda menginterpretasikan lebih luas makna wawasan kebangsaan (Wasbang),cinta tanah air dan cinta terhadap satuan TNI guna mempertahankan kedaulatan NKRI.

Menurut abituren Akmil 1999 ini bahwa jenjang ini merupakan prospek yang tepat, untuk mengokohkan kembali jiwa nasionalisme para pelajar sehingga pada akhirnya dapat menjadi bekal untuk mengarungi dinamika kehidupan di masa mendatang.

“Manfaat dari kegiatan ini untuk menanamkan rasa bela negara dan cinta tanah air para generasi muda bangsa Indonesia, “sebut Dandim.

Dengan besarnya manfaat yang terkandung dari kegiatan ini membuat Kepsek dan guru pendamping merasa bersyukur dan bangga atas dedikasi yang dilakukan oleh anggota TNI. “Bukan hanya sambutan saja yang luar biasa, tetapi dari permainan ini dapat menghasilkan generasi yang luar biasa,” pungkasnya.

Kegiatan yang digelar TNI ini dilaksanakan sejak pukul 09.00-12.30 Wibini. Para peserta dengan penuh semangat menggali wawasan seputar TNI, seperti,fungsi dan tugas dinas jaga, pengenalan senjata, dinamika kelompok, pengenalan senjata sampai disuguhkan cara menanamkan bela negara lewat cara berpikir supra rasional.

Selain itu, tanggapan seluruh peserta sangat antusias pasca mengikuti program ini, di antara puluhan siswa yang hadir, Daniel turut menyambut senang dan bersyukur atas apa yang telah diajarkan oleh anggota TNI. Terlebih, pelajar ini menaruh harapan besar agar kedepannya acara positif seperti ini dapat berjalan secara rutin dan berkesinambungan.

Pada kegiatan ini dilaksanakan sejumlah permainan yang mengkombinasikan pelajaran matematika dengan bela negara. Tak hanya itu, puluhan siswa juga mendapat kesempatan untuk berselfie ria dengan senjata milik TNI Angkatan Darat.

Para peserta dengan keceriaan mengikuti wisata matematika bela negara. Para peserta diwajibkan mengikat kepala dengan bendera merah putih dan dibagi dalam beberapa kelompok _team work_ dengan nama para pahlawan nasional. Masing-masing kelompok memainkan permainan yang didesain menggunakan hitungan matematika dengan pesan bela negara.

Dalam permainan tersebut,TNI memberikan pertanyaan yang disampaikan berkenaan dengan bela negara.Usai mengikuti permainan tersebut, puluhan siswa ini pun mendapatkan pengetahuan tentang senjata TNI AD yang ada .

Di sini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk memegang ataupun ber-selfie dengan senjata tersebut. “Jarang-jarang loh bisa pegang senjata, makanya kami abadikan dengan berfoto,” aku Tiur salah satu siswa yang juga berminat masuk TNI.

“Pola yang kita berikan berupa dinamika kelompok, bermain matematika bela negara, praktek PBB dasar, permainan _team work_,demo senjata TNI AD dan selfi bersama senjata,” terang Danramil 02/Ktb. (Red)

News Feed