oleh

JELANG HUT TNI,POM TNI GELAR RAZIA

OKEBUNG|
Disiplin dan taat hukum bagi prajurit TNI akan berbanding lurus dengan pelaksanaan tugas pokok, prajurit yang disiplin akan dapat melakukan tugas pokok dengan maksimal sehingga dapat memberikan contoh yang baik kepada rakyat dengan demikian niscaya rakyat akan cinta dengan prajurit TNI,

Demikian dikatakan oleh Dansub Denpom V/3 Malang dalam pelaksanaan penegakan disiplin diwilayah hukum Korem 083/BDJ.

Citra prajurit TNI penting untuk dijadikan teladan kepada masyarakat sebagai abdi negara. Oleh sebab itu maka menjelang Dirgahayu TNI ke-72 tahun 2017 ini, pihak Subdenpom V/3 dan jajarannya menggelar operasi penertiban selama 7 hari secara serentak. Pelaksanaan kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 18 September yang lalu dan akan berakhir besok tanggal 27. Penegakan disiplin tersebut juga melibatkan semua unsur POM dilingkungan TNI yang berada diwilayah Korem 083/BDJ dari POM AL, AD dan AU.

Lebih lanjut ditegaskan lagi oleh Letkol Cpm Dwi Indra Wirawan selaku komandan satuan polisi militer AD di Malang tersebut bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan pekan disiplin ini agar tercipta kondisi tertib hukum, disiplin dan tata tertib bagi prajurit TNI khususnya yang ada di wilayah hukum Korem 083/BDJ.

Disamping itu juga adanya perintah dari komando atas dalam hal ini pihak POMDAM V/Brawijaya tentang perintah untuk melaksanakan pekan disiplin selama 7 hari kerja dalam rangka peringatan ke-72 HUT TNI.

Untuk memaksimalkan capaian dari kegiatan ini sendiri maka pihak Denpom V/3 menitikberatkan sasaran pada penyalahgunaan noreg TNI, penyalahgunaan marka jalan, penyalahgunaan stiker TNI, pelanggaran kelengkapan administrasi, surat kendaraan TNI, dan peruntukannya, penyalahgunaan senjata api, munisi dan bahan peledak. Pengaplikasian kegiatan penegakan secara preventif dan represif juga diberlakukan dalam pelaksanaan kegiatan penegakan disiplin ini.

Razia ditempat-tempat yang terlarang bagi prajurit TNI juga dilakukan pihak kepolisian militer agar tujuan dari kegiatan bisa dicapai secara maksimal dan memberikan dampak yang baik bagi organisasi maupun personel TNI itu sendiri”, jelas Letkol Cpm Dwi Indra Wirawan.

Untuk pihak kepolisian militer sendiri terkait dengan kegiatan penegakan disiplin beberapa kali telah melakukan razia-razia dan pos-pos pemeriksaan lalu lintas, patroli kombinasi serta patrol kendaraan.

Gabungan personel Denpom V/3, Denpom Divif-2/Kostrad, POMAL, POMAU serta bantuan pesonel provost dari masing-masing satuan menjadi pelaksana lapangan dalam kegiatan ini. Wilayah hukum Korem 083/BDJ sendiri meliputi wilayah Malang raya, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi dan Situbondo yang menjadi lokasi dari operasi penegakan disiplin.(red)

News Feed