oleh

DANDIM 0210/TU : NOBAR FILM G30 S/PKI AGAR MASYARAKAT LEBIH MENCINTAI NKRI DAN PANCASILA

OKEBUNG|
Komandan Kodim 0210/TU Letkol Arm Ezra Nathanael bersama ribuan masyarakat nonton bareng (Nobar) film penghianatan G30 S/PKI di Gedung Serbaguna Tarutung,Sumatera Utara (Sumut) Sabtu (23/09/2017).

Pada kesempatan pembukaan nobar tersebut,tokoh masyarakat Tapanuli Utara,Chrismanto Lumban Tobing ,mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0210/TU yang telah melaksanakan nonton bareng.

“Nobar film G30 S/PKI ini dimulai dari kerjasama unsur masyarakat dengan Kodim 0210/TU dalam membangun upaya menangkal segala ideologi yang dapat mengganggu dan mengganti Pancasila sebagai ideologi bangsa.”sebutnya.

Sementara itu,Dandim 0210/TU Letkol Arm Ezra Nathanel menyampaikan bahwa intinya kegiatan nobar film G30 S/PKI ini untuk mengingatkan para generasi muda dan masyarakat tentang kewaspadaan nasional bahaya laten komunis yang pernah melakukan upaya mengganti ideologi Pancasila menjadi komunis dan berencana untuk menggulingkan pemerintahan yang syah.

“Film ini diputar kembali agar masyarakat dan pelajar mengetahui sejarah kelam bangsa Indonesia pada tahun 1965 lalu,dimana para jenderal TNI AD yang saat ini sebagai Pahlawan Revolusi dibunuh oleh PKI,”sebutnya.

Film ini,kata Dandim,baik ditonton untuk pelajar atau generasi muda sebagai sarana untuk menambah wawasan untuk mencintai NKRI dan Pancasila, tidak mudah terombang-ambing adanya isu isu yang ingin menggoyang Pancasila sebagai Ideologi bangsa.

“Sejak tahun 2008 penayangan film pengkhianatan G30S PKI sudah dihilangkan di media elektronik,namun sekarang diputar secara serentak oleh jajaran TNI,khususnya TNI AD atas instruksi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang tujuannya agar masyarakat mewaspadai berkembangnya bahaya lateb komunis,”tegas Dandim.

Hal senada juga dikatakan,Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumut Kodrat Shah bahwa seluruh masyarakat harus mengetahui peristiwa G30 S PKI yang telah terjadi 52 Tahun silam,dan masyarakat juga berharap agar hal serupa jangan sampai terulang lagi.Untuk itu,marilah kita sama-sama mencegah ideologi komunis berkembang.

“Pemuda Pancasila pun pernah menjadi korban (2 orang) keganasan PKI tahun 1965 di kampung Kolam,Percut Sei Tua,Kab Deliserdang.Peristiwa tersebut masih menjadi ingatan yang hangat dan diperingati setiap tahunnya,”sebut Kodrat.

Hadir di nobar yang digelar TNI,Dandim 0210/TU,Kapolres Taput, Ketua Pemuda Pancasila Sumut, Ketua Pemuda Pancasila Kab. Taput, dan tokoh masyarakat beserta 1.050 orang masyarakat se Kab. Tapanuli Utara.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dandim 0210/TU bahwa kegiatan nonton bareng film G30S/PKI dijajaran Kodim 0210/TU antara lain di Koramil 19/Sipahutar digelar pada 23 September 2017 pukul 19.30 WIB di Desa Onanrunggu I,Koramil 23/Adian Koting pada tanggal 23 September 2017 pukul 19.30 WIB di Aula kantor Kecamatan Adian Koting dengan jumlah massa 350 orang.(red)

News Feed