oleh

GEMPABUMI TEKTONIK M=5,3 TERJADI DI LAUT JAWA, SEBELAH UTARA MADURA

OKEBUNG|
Wilayah Laut Jawa sebelah utara Madura terjadi gempabumi tektonik,Kamis, 21 September 2017 pukul 06.59.24 WIB.Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=5,3 dengan koordinat episenter pada 6,2 LS dan 112,95 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 76 km arah utara Kota Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 594 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa goyangan lemah berpotensi dirasakan di daerah Bangkalan, Gresik, Tuban, Surabaya, Sidoarjo, dan Situbondo dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Karena hiposenternya dalam maka gempa ini tidak berpotensi merusak dan tidak berpotensi tsunami.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di sebelah utara Madura. Hasil nalisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh aktivitas penyesaran turun (normal fault).

Hingga pukul 07:30 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Bangkalan dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.(rel)

Foto ilustrasi

News Feed