oleh

Kibayu Sejati Siap Kembangkan Budaya Pengobatan Alternatif Ke Mancanegara

OKEBUNG|
Sejak ratuasan tahun yang lalu, nenek moyang bangsa kita memang terkenal pandai dalam meracik jamu dan obat-obatan tradisional. Bahan yang digunakan biasanya dari beragam jenis tumbuhan, akar-akaran, buah-buahan atau bahan alamiah lai yang di racik sebagai jamu guna untuk menyembuhkan, menjaga kondisi badan, mencegah penyakit dan bahkan sebagian untuk mempercantik diri.

Demikian disampaikan Ilyas Nasution.S.Pd kepada okebung.com saat ditemui dikediamannya,Senin (18/09/2017).Ia mengatakan bahwa dengan kemahiran nenek moyang kita meracik bahan-bahan itu, sehingga tumbuhlah warisan yang secara turun-temurun dikembangkan, dari generasi ke generasi berikutnya, baik masih dengan menggunakan cara tradisional ataupun dengan menggunakan alat modern sepertihalnya jaman sekarang.

Bahkan, Menurut pria yang lebih dikenal dikalangan dunia paranormal dan pengobatan alternatif dengan julukan KIBAYU SEJATI ini bahwa dengan adanya penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, bahkan saat ini obat tradisional telah digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaan bahannya. Selain itu, Ilyas juga menyebutkan bahwa penggunaan obat tradisional tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.

“Saat ini pengobatan tradisional, contohnya obat tradisional, jamu obat tradisional, kumpulan jenis tanaman obat, macam macam tanaman obat dan gambarnya, obat diabetes tradisional, obat obatan tradisional dan cara membuatnya, pengertian obat modern, pengertian obat tradisional menurut para ahli, pengertian pengobatan tradisional menurut para ahli,semua itu warisan nenek moyang bangsa kita,”terangnya.

Ia menyebutkan bahwa obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional.

Saat ini,lanjut Ketua FKPPAI Sumut ini bahwa obat tradisional yang juga dikenal sebagai herbal atau pengobatan alternatif mencakup berbagai praktik kesehatan dengan menggabungkan obat-obatan dari tumbuhan, hewan, terapi spiritual, makanan medis, teknik manual maupun olahraga.

” Obat tradisional didefinisikan sebagai jumlah keseluruhan semua pengetahuan dan praktik baik yang dapat dijelaskan atau tidak digunakan dalam diagnosis, pencegahan dan penghapusan ketidakseimbangan fisik dan mental dan hanya mengandalkan pengalaman praktis dan pengamatan dari generasi ke generasi. Sedangkan Obat herbal juga dapat didefinisikan sebagai produk jadi yang mengandung bahan aktif yang terkandung dalam tanaman atau bahan lainnya baik dalam keadaan mentah atau dalam keadaan sudah diolah,”urainya.

Ia juga menanbahkan bahwa dirinya bersama FKPPAI akan mengembangkan budaya pengobatan tradisional (Alternatif) hingga ke mancanegara.” Insya Allah,jika diijinkan pengobatan alternatif akan berkembang,”pungkas pria yang memiliki dua cucu ini.(red)

News Feed