oleh

Dandim 0209/Lb :  TMMD Bangkitkan Semangat Gotong Royong dan Sejahterakan Masyarakat

OKEBUNG|
Komandan Kodim 0209/Lb Letkol Czi Denden Sumarlin.S.E,mengatakan bahwa melalui program Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD ) ke 100 di Desa Bandar Kumbul kec Bilah Barat Kab Labuhanbatu,Sumatera Utara (Sumut),TNI kembali membangkitkan semangat gotong royong masyarakat yang nyaris punah.Dengan adanya TMMD semangat bergotong royong warisan nenek moyang bangsa Indonesia kembali bangkit kembali.Untuk itu masyarakat diminta dapat bekerjasama dengan Satgas demi tercapainya pembangunan yang merata.

“Selama ini tidak ada aktifitas yang diprogramkan oleh TNI yang hanya dilakukan sendiri oleh TNI, tetapi senantiasa melibatkan masyarakat sehingga selalu mendapat dukungan dan partisipasi masyarakat. Dengan adanya
pelaksanaan TMMD ke 100 Tahun 2017  Kodim 0209/ Lb di Desa Bandar Kumbul Kec Bilah Barat Kab Labuhanbatu,Sumut maka TNI membangkitkan semangat gotong royong masyarakat yang nyaris punah.TMMD telah mengembalikan semangat gotong royong menjadi ciri khas Bangsa Indonesia. Semangat gotong Royong harus dijaga terus dan selama ini Program TMMD sangat selaras dengan program Pemerintah Daerah,karena sama sama Ingin membangun dan mensejahterakan masyarakat,”sebut Letkol Czi Denden Sumarlin.S.E,saat meninjau lokasi saaran fisik Pra TMMD ke 100 di Desa Bandar Kumbul kec Bilah Barat Kab Labuhanbatu,Sumut,Sabtu ,(16/09/2017) pagi.

Komandan Kodim 0209 / Lb Letkol Czi Denden Sumarlin. SE ,menyebutkan bahwa
kegiatan TMMD ( TNI Manunggal Membangun Desa) yang dilakukan oleh TNI  merupakan satu kegiatan yang perlu mendapat dukungan dari semua pihak  termasuk dukungan Pemerintah Daerah. Karena,untuk membangun Bangsa ini tidak bisa dilakukan oleh satu lembaga atau organisasi tertentu, tetapi perlu dilakukan bersama sama.

“Program yang dilaksanakan  oleh TNI AD terjun angsung ke desa, sesuatu kegiatan yang menggugah  masyarakat untuk ikut berpartisipasi mendukung kegiatan TNI dalam membangun kawasan pedesaan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,”tegas Letkol Czi Denden Sumarlin saat meninjau lokasi sasaran fisik Pra TMMD ke 100.

Perwira yang pernah bertugas sebagai Dansatgas pasukan perdamaian PBB di Africa ini mengatakan bahwa upaya TNI AD membangun kawasan pedesaan butuh
peran serta masyarakat untuk membantu personil TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD. Karena, “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Berdaulat, Berkepribadian, Adil dan Makmur”.

” Kata-kata tersebut bermakna bahwa TNI bertujuan merefleksikan niat, tekad dan semangat patriotik dan profesionalisme prajurit TNI untuk selalu berbuat dan berkarya lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berkapasitas dalam bingkai NKRI dan lahirnya TNI adalah dari rakyat, berjuang untuk rakyat, dan selamanya untuk rakyat. Bagi TNI, sikap patriotik sejati dan peningkatan profesionalisme serta keberadaannya dicintai rakyat adalah kunci kekuatan TNI dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan negara,”sebut mantan Danyon Zipur Dhira Dharma ini.

Ia mengatakan melalui program TMMD yang dilaksanakan pihaknya mudah-mudahan hasilnya dapat dimanfaatkan masyarakat dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.Untuk itu,Letkol Czi Denden Sumarlin.S.E berharap agar masyarakat dapat mendukung TMMD yang dilaksanakan TNI AD.

“Dengan kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan rakyat, dapat diyakini akan menjadi daya tangkal yang maha dahsyat guna menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian serta mensejahterakan masyarakat,”tegasnya lagi.

Turut mendampingi Dandim 0209/Lb Letkol Czi Denden Sumarlin.S.E.diantaranya Kasdim 0209/Lb Mayor Inf Ertiko Cholifa SH SPd,Pasi Intel Kodim 0209/ Lb Kapten Inf Agus Salim Daulay,Pasi Ops Kodim 0209/Lb Kapten Inf W. Rajagukguk,Pasi Ter Kodim 0209/ Lb Kapten Inf Sudarsono,Pa Sandi Kodim 0209/ Lb Letda Cpl L Simanjuntak selaku koordinator rehab rumah Ibadah Gereja,Dan Ramil 08 / Kota R. Prapat. Kapten Inf M Tarigan,Dan Ramil 04 / Lb Kapten Inf Mahmud Tbn selaku koordinator rehab Mesjid,Dan Ramil 05/ Bd Kapten Inf Bahdi Siagian SAg selaku koordinator pembuatan Jalan / Dwuiker,Dan Ramil 09/ NL Kapten Inf Hotman selaku koordinator pembangunan MCK dan Pos Kamling.

Kemudian Dan Ramil 12/ Lp Kapten Inf AL Siregar selaku koordinator Rehab RTLH, Wadan Ramil 02/ TL Kapten Inf Sofyan Sukry Nst selaku koordinator Rehab RTLH, Wadan Ramil 06 / Mb Kapten Kav Boston Siregar selaku koordinator Rehab RTLH dan turut hadir Sungkono daei Dinas PU Kab Labuhanbatu,Awal dari dinas PU Kab Labuhanbatu,dan Toha selaku tokoh masyarakat serta Guru sebagai Kadus Hapesong .

Sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan TMMD ke 100 Tahun 2017 di Desa Bandar Kumbul kec Bilah Barat Kab Labuhanbatu ada beberapa sasaran yang di kerjakan adalah pembuatan jalan sepanjang  2500 M,pembuatan Dwiker,Rehab MesjidRehab  Gereja,Rehab Sekolah TPApembangunan 3 Unit MCK,pembangunan 3 Unit Poskamling .

Dan yang paling menyentuh kegiatan rehab rumah tidak layak huni (RTLH )sebanyak 21 unit  milk Riki Hasibuan,Ismail Hsb Ibrahim HsbHanijah Hsb Sintong Panggabean,Zainal Harahap,Sutrisno,Norhamin, Rahmad Hsb ,Suroso,Makmur Munthe,Boas Rambe ,Aliman Pohan ,Amriah Hsb,Jani Nasution,Darullah Hsb ,Sakti Hsb, Sahnum, Agus Salim Rambe,Rahmad Suad dan Imran Munthe .(red)

News Feed