oleh

” BERSAMA RAKYAT TNI KUAT”,BUKTINYA DI BHAKSOS TNI DI KAWASAN TERPENCIL LANGKAT

OKEBUNG|
Dalam rangka memperingati HUT ke-72 tahun 2017, Kodam 1/BB melaksanakan  serangkaian kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satunya, bhakti sosial (Bhaksos) kesehatan dikawasan pulau terpencil di Kampung Nelayan, Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara,Minggu (17/9/2017). Bhaksos TNI sekaligus pemberian tali asih kepada masyarakat setempat tersebut dihadiri Pangdam 1/BB Mayjen TNI Cucu Soemantri beserta rombongan Kodam 1/BB.

Kehadiran Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Soemantri spontan saja membuat kawasan terpencil tersebut mendadak ramai dan heboh,l.Pasalnya,sejak ada kampung nelayan terpencil belum pernah dikunjungi petinggi TNI.Jarangnya kemunculan sosok petinggi TNI tersebut membuat masyarakat memadati kawasan terpencil tersebut.


Informasi yang dihimpun okebung.com kegiatan diawali pukul 08.30 WIB, rombongan Personel Kodim 0203/Lkt, Penrem 022/PT, Kesdam I/BB dan Tim Medis RSU. Bidadari dengan menggunakan 2 unit boat sewaan milik masyarakat berangkat dari Dermaga Batangbulu Ds. Tanjung Ibus menuju Dermaga Jaring Halus Kec. Secanggang.

Rombongan pun tiba pukul 09.00 WIB dan langsung menyiapkan peralatan untuk kebutuhan Baksos TNI berupa peralatan medis. Di situ, tim langsung melayani masyarakat yang berobat dan pengurusan Kartu BPJS oleh Sdr. Suyanti sebagai pegawai BPJS Kab. Langkat.

Di sela-sela berjalannya Bhaksos tersebut, sekitar pukul 09.30 WIB, rombongan Pangdam I/BB, Dandim 0203/Lkt tiba di Dermaga Batanghulu dan langsung menaiki 2 unit Boat milik Polisi Airut  Polres Langkat  dengan pengamanan Pihak Provost dan Subdenpom I/5-2 Brandan.

Selanjutnya, pukul 09.46 WIB rombongan Pangdam I/BB tiba di Dermaga Ds. Tanjung Ibus Kec. Secanggang dan langsung menuju tempat acara Baksos TNI di Sekolah SD 055880 Ds. Jaring Halus.

Pada kesempatan tersebut,Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Soemantri mengatakan, Bhaksos TNI ini wajib bagi TNI untuk membantu warga masyarakat secara langsung. Yakni dengan membantu dan ikut menuntaskan kesulitan rakyat.

“Desa Jaring Halus ini merupakan desa yang terpencil di wilayah Kab. Langkat. Meski begitu, warga masyarakat di sini saya lihat cukup optimis menghadapi kehidupan sekali pun adanya pengaruh asing sangat kuat. Saya bangga karena masyarakat di sini mempunyai karakter kekeluargaan yang sangat erat untuk saling membantu satu sama lain. Secara kekeluargaan, hal tersebut akan menjadi kekuatan tersendiri bagi TNI dan Rakyat,” kata Pangdam.

Disela-sela kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian tali asih dari Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi diwakili Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Soemantri dengan memberikan  berupa bingkisan sebanyak 200 orang masyarakat kurang mampu yang diberikan secara simbolis.

Kades Jaring Halus, Tzamar Halaya dalam sambutannya pada acara itu menyampaikan rasa bangga atas kunjungan dan kegiatan Pangdam I/BB serta kegiatan Bhakti Sosial yang dilakukan TNI untuk rakyat pedesaan Nelayan yang terpencil ini.

“Semoga dengan kegiatan ini, warga Desa Jaring Halus memanfaatkan semaksimal pelayanan kesehatan, BPJS dan pelayanan dari TNI. masyarakat Ds. Jaring Halus sangat berterima kasih dan semoga TNI tetap jaya bersama rakyat,” katanya.

Sementara Direktur RSU. Bidadari, H dr. Firmansyah M.Kes menyebutkan, bahwa RSU Putri Bidadari siap mendukung kegiatan TNI. Untuk moment ini, pihaknya pun telah mempersiapkan untuk sejumlah pelayanan. Di antaranya, pengobatan gigi 50 orang, pengecekan paru-paru 60 orang, sunatan massal 20 orang, serta pengobatan umum 200 orang.

Usai melakukan pengecekan langsung pelaksanaan pengobatan gratis di ruang Sekolah SD, Pangdam I/BB dan rombongan juga bertatap muka langsung secara interaksi Pangdam I/BB kepada warga masyarakat Ds. Jaring Halus dengan mendengarkan keluhan kesehatan serta permasalahan yang dihadapi mereka.

Komandan Korem 022/Pantai Timur melalui Kapenrem 022/PT Mayor Inf Jarwadi mengatakan kegiayan bhakti sosial yang dilaksanakan Kodam 1/BB dalam rangka HUT TNI ke-72 ini berupa perehaban ringan Maunasah Silat Silangit, pengobatan Gratis bekerjasama dengan RSU. Putri Bidadari, pemberian bingkisan kepada 100 orang masyarakat kurang mampu, serta pelayanan pengurusan BPJS bekerjasama dengan pihak BPJS Kab. Langkat.”Kegiatan masih serangkaian memperingati HUT TNI ke 72,”sebut Jarwadi kepada okebung.com.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Irdam I/BB, Aster Kasdam I/BB, Kakesdam I/BB, Kasrem 022/PT, Dandim 0203Lkt, Ketua Persit dan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Dim 0203/Lkt, Penasehat Direktur RSU Putri Bidadari Sdr. H. Abdullah Abu Bakar, Muspika Kec. Secanggang, Para Danramil jajaran Dim 0203/Lkt, Dihadiri 670 orang masyarakat Ds. Jaring Halus.(red)

News Feed