oleh

Dandim 0209/Lb Terima Audensi Panitia Seminar Adat dan Mubes Ke V LDN 

OKEBUNG|
Komandan Kodim 0209 / Lb  Letkol Czi Denden Sumarlin SE,didampingi Pasi Intel Kodim 0209 /Lb Kapten Inf Agus Daulay,Pasi Ter Kodim 0209 /Lb Kapten Inf Sudarsono dan Pa Sandi Kodim 0209 / Lb Letda Cpl L Simanjuntak menerima kunjungan audensi Panitia Seminar Adat dan Mubes ke V LDN ( Lembaga Adat Toba Dalihan Natolu),Kab Labuhanbatu bertempat di Ruang Transit Kodim 0209 / Lb Jalan Meranti Rantauprapat,Rabu (13/09/2017) pagi.

Adapun pengurus atau panitia Seminar Adat dan Mubes ke V  Tahun 2017 LDN yang turut hadir yakni Ketua Umum LDN M Lumbangaol, Ketua Panitia Seminar Drs BJ Lumbangaol ,Wakil Ketua Panitia M Siregar ,Wakil Bendahara St N Siringo ringo.

Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia LDN  mengatakan bahwa Lembaga Adat Batak Toba Dalihan Natolu (LDN) sudah ada sejak tahun 1998 di Kabupaten Labuhan Batu  dan mempunyai 120 Perkumpulan Marga Orang Batak Toba yang ada di Kabupaten Labuhan Batu .”Setiap perwakilan di 9 Kecamatan  Kab Labuhan Batu telah ada LDN,”sebutnya.

Ia juga menyebutkan bahwa lanitia Seminar Lembaga Adat Batak Dalihan Natolu Kab Labuhan Batu akan melaksanakan Mubes ke V Tahun 2017  bertempat di Ruang Pertemuan Permata Land Hotel Jalan Jend A Yani Rantau Prapat.

” Mubes tersebut akan dilaksanakan dengan dasar pengetahuan dan pemahaman tentang Adat Batak Toba di kalangan masyarakat Batak Toba di pandang masih terjadi ketidakseragaman baik di kalangan generasi tua utamanya di Kalangan generasi muda,”katanya.

Hal tersebut,lanjutnya,penyebabnya adalah karena minimnya penguasaan Philosofi dan penerapan adat itu sendiri serta ditemukannya berbagai latar belakang sub etnis dan asal daerah yang berbeda.

” Tujuan dilajsanakannya Mubes tersebut adalah untuk menyeragamkan pengetahuan dan pemahaman tentang Philosofi budaya dan Adat Batak Toba,menyeragamkan beberapa mata Acara adat yang mempunyai Philosofi dan latar belakang daerah yang sama,memberi semangat baru kepada Generasi Muda Batak Toba untuk turut serta mempelajari, mendalami dan melaksanakan Adat Batak Toba serta turut serta mencintai dan merasa bertanggung jawab untuk melestarikan Budaya Batak Toba,”jelasnya
menambahkan bahwa dengan memahami Philosofi yang sama maka penyelenggaraan setiap Mata Acara akan dapat di sederhanakan, dipermudah dan menghemat waktu.

Lembaga Adat Batak Toba Dalihan Natolu ( LDN)   Kabupaten Labuhan batu  sudah terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat  ( Kesbang pol)  tgl 14 Maret 2014 .dengan Nomor NPWP 03.324.619.0-116.000.
Dengan Alamat Sekretariat.  Perumnas BTN Ujung Bandar kel Ujung Bandar Kec Rantau Selatan Kab Labuhanbatu No Hp 08126220343-085262659595.

Dandim 0209/ Lb Letkol CZI Denden Sumarlin SE dalam arahannya menjelaskan bahwa Kodim 0209/ Lb sangat mendukung pelaks Mubes nanti,karena kegiatan tersebut turut melestarikan Budaya Batak di Kabupaten Labuhanbatu .

“Budaya sangat berperan di bidang Pertahanan dan Keamanan dan meperkenalkan jati diri LDN di tengah masyarakat serta menghormati Budaya LDN kedepan,”sebut Dandim.(red)

News Feed