oleh

Kodim 0503/Jakbar Panen Puluhan Kilogram Sayuran

OKEBUNG|
Kodim 0503 Jakarta Barat memanen puluhan kilogram sayuran berbagai jenis hasil tanaman hidroponik dan aquaponik pada, Kamis (7/9/2017) pagi. Panen kali ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya dilakukan pada April lalu.

Dandim 0503 Jakarta Barat Letkol Inf Wahyu Yudhayana mengatakan, sayuran-sayuran ini ditanam sejak lima bulan lalu. Hasil panen yang dilakukan kali ini jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

“Sekarang ini kami hasilkan 34 kg dari enam jenis sayuran. Sementara sebelumnya hanya sekitar 30 kg saja,” kata Wahyu, pada Kamis (7/9/2017). Wahyu menjabarkan sejumlah tanaman yang berhasil dipanen yakni, selada hijau, kangkung, sawi, kailan, dan bayam. Rencananya hasil tanaman itu akan dibagikan ke sejumlah prajurit di Kodim 0503. Dipilihnya tanaman hidroponik, lanjut Wahyu, untuk menghemat tempat yang sempit.

Sebab bila menggunakan lahan, tanaman sebanyak membutuhkan lahan yang luas. Sementara bila melalui hydroponik dan aquaponik hanya membutuhkan lahan lebih sempit, termasuk puluhan kilogram sayuran yang dipanen hari ini hanya membutuhkan lahan 5×10 meter.

Wahyu menuturkan, pola penanaman hidroponik dan aquaponik ini telah diterapkan ke tujuh Koramil. Dahulu ketika harga cabai mencapai Rp80.000/kg, Wahyu mengatakan, hal tersebut tak berpengaruh terhadap prajuritnya, sebab kondisi itu telah diantisipasi dengan menanam cabai jauh-jauh hari.

Wahyu mengungkapkan, sempat mengira tanaman yang dibuatnya itu bakal gagal panen. Mengingat lokasi berada di samping Makodim 0503/JB itu lapangan terbuka dan bersentuhan langsung dengan matahari yang gersang.

Sementara itu masih di Makodim 0503/JB, sejumlah siswa SMP 248 Cengkareng melakukan study tour mengenai cara yang baik bercocok tanam. Sehingga, ilmu yang diberikan untuk siswa ini nantinya dapat diterapkan di rumah.

“Tadi murid-murid diberikan teori dan praktik langsung ya. Mulai dari tanam biji, menyiram, memerhatikan sampai tadi kami juga ikut memanen tanaman di Makodim ini,” tutur guru SMP 248 Cengkareng, Jakarta Barat Wahda (42).
(Pen jaya)

News Feed