oleh

Kodim 0201/BS Berikan Materi Bahaya Faham Radikalisme dan Terorisme Kepada Generasi Penerus Bangsa

OKEBUNG|
Sebagai bentuk pencegahan paham radikal dan terorisme yang saat ini berkembang dan menjadi ancaman faktual bagi masyarakat Indonesia,khususnya para generasi penerus Bangsa Indonesia.Kodim 0201/BS memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) tentang bahaya faham radikalisme dan terorisme nagi generasi penerus Bangsa Indonesia kepada pelajar dan mahasiswa baru baru-baru ini bertempat di Aula Fakultas Farmasi USU Medan.Kegiatan ini dihadiri 300 mahasiswa.

Kegiatan dalam rangka oreintasi mahasiswa baru ini dlaksanakan atas perintah komando atas diteruskan kepada Dandim 0201/BS Kolonel Inf Bambang Herqutanto yang dilaksanakan seluruh jajarannya.Adapun pemberi wasbang dengan materi empat pilar kebangsaan yakni Kapten Inf Mustakim, Kapten Inf Marpaung, Kapten Arm Edy H dan Kapten Arm Sanusi.

“Dandim yang perintahkan kepada jajaran untuk memberikan sosialisasi wasbang dengan materi 4 Pilar Kebangsaan, bahaya Narkoba, Proxy war kepada mahasiswa baru Fakultas konomi USU,”ungkap Pasiter Kodim 0201/BS Mayor Inf Budi Oktavian kepada okebung.com.

Selain itu,lanjut Pasiter Kodim 0201/BS pihaknya juga memberikan materi wasbang dan bela negara kepada 800 mahasiswa/i Poltehnik Wilmar Bisnis Indonesia ."Dan di 4 Koramil jajaran Kodim 0201/BS juga dlaksanakan wasbang dan outbond di SMA dan SMK.

Mayor Inf Budi mengatakan bahwa faktor yang dapat menyebabkan seseorang dapat terjerumus ke dalam paham radikalisme dan terorisme dikarenakan kurangnya sosialisasi wasbang dan Pancasila serta kebhinekaan, kepribadian yang mudah terpengaruh komunitas yang mendukung. "Hal ini bisa merusak kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, NKRI harga mati,”atanya

Kegiatan yang dilaksanakan menunjukan bahwa kita dan seluruh masyarakat yang ada di Medan secara tegas menolak keberadaan jaringan dan faham yang akan merusak keutuhan kebangsaan dan kesatuan NKRI,dan kegiatan ini dilaksanakan tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada seluruh para generas penerus bangsa agar tidak tergoda oleh ajakan yang dilakukan paham radikalisme yang menyebarluaskan pahamnya,karena hal itu tidak sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia.

“Melalui kegiatan wasbang dan outbond kita tanamkan nilai-nilai Pancasila dan Kebhinekaan agar para generasi penerus bangsa Indonesia tidak terpengaruh dengan faham radikalisme dan komunis serta teroris,”;tegasnya.

Saat ini,kata Budi,TNI,khususnya Kodim 0201/BS telah melakukan antisipasi penyebarluasan faham radikalisme salah satunya dengan cara pemberian himbauan melalui Kamtibmas melalui para Babinsa dan memberika materi wasbang kepada para pelajar dan mahasiswa

“Apabila menemukan suatu kejanggalan atau mendapati orang yang mencurigakan dalam menyebarluaskan faham-faham yang tidak jelas agar segera melaporkan ke Koramil atau pun¬†pihak kepolisian setempat,”sebutnya.(yan)

News Feed