oleh

Melalui Program Lorong Hijau, Kodim 0503/JB Bertekad Hijaukan Wilayah Jakarta Barat

OKEBUNG|
Berbagai terobosan terus dilakukan jajaran Kodim 0503/Jakarta Barat untuk lebih berperan aktif dalam lingkup kegiatan masyarakat dan kewilayahan.Di antaranya lewat berbagai program khusus, yang menjadi program andalan Kodim 0503/JB, yang kini berada di bawah kendali Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana. Minggu (3/9/2017)

Program-program andalan tersebut meliputi, Kawasan Rumah Pangan Lestari, pembuatan Ramuan Organik Hama (Roma), Ramuan Organik tanaman (Rotan), dan Ramuan Organik ternak (Roter).  “Semua program andalan itu kita jadikan satu paket program, yang kita beri nama Lorong Hijau,” ujar Dandim 0503/ JB Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana, yang didampingi Perwira Seksi Teritorial, Kapten (Kav) Dwi Joko Purnomo kepada wartawan,Minggu (3/8/2017)

Dijelaskannya, program Kawasan Rumah Pangan Lestari sendiri, merupakan bagian dari programketahanan pangan nasional, yang telah dicanangkan pemerintah. Dalam prakteknya, penanaman tanaman di program ini, dilakukan lewat metode hidroponik dan aquaponik.

Kedua metode ini dipilih, lantaran semakin sempitnya ruang terbuka hijau (RTH) seiring dengan pesatnya pembangunan pemukiman di Kota Jakarta. Konsekuensinya, setiap pihak harus mampu mencari alternatif cara menanam tanaman.

Kondisi ini cocok dengan karakteristik wilayah Jakarta Barat yang tidak memiliki lahan pertanian. “Dalam pelaksanaan metode ini, kita tidak menggunakan nutrisi dan pupuk, melainkan menggunakan nutrisi pupuk yang berasal dari kotoran lele.

Metode tanaman hidroponik dan aquaponik ini cocok diterapkan di daerah perkotaan, Sebab tidak memerlukan lahan yang luas. Terlebih lagi peralatan yang digunakan pun bisa dengan mudah didapatkan sekitar lingkungan tempat tinggal.

“Cukup menggunakan botol-botol bekas air mineral sebagai wadah yang diisi sekam. Setelah itu diberi bibit dan syukurnya segala macam bibit tanaman bisa dipakai secara hidroponik dan aquaponik. Lewat metode ini, yang ditanam adalah jenis sayuran selada dan sejenisnya,” ungkap Wahyu.

Ramuan Organik

Sementara itu, terkait pembuatan Ramuan Organik Hama (Roma), Ramuan Organik tanaman (Rotan), dan Ramuan Organik Ternak (Roter), Wahyu menjelaskan, kegiatan ini khusus ditujukan buat para Babinsa, agar mereka bisa mencontohkannya secara langsung kepada warga, yang menjadi warga binaan mereka di wilayah masing-masing.

Pembuatan ramuan organik inipun terbilang sederhana, begitupun dengan bahan bakunya, yang terdiri dari cabe, sereh, sirih, dan bawang putih. “Hebatnya lagi, ramuan ini bisa dipakai untuk perawatan semua jenis tanaman,” kata Wahyu, seraya menambahkan, di jajaran Kodam Jaya, baru Kodim 0503/JB yang melaksanakan program pembuataan ramuan organik tersebut.

Sementara itu masih terkait dengan program Lorong Hijau ini, pihak Kodim 0503 berharap, di bulan September, pihaknya mampu membuat 100 lokasi Lorong Hijau, yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta Barat.

“Program Lorong Hijau yang meliputi keberdaan Rumah Pangan Lestari, serta pembuatan lahan hijau dengan metode tanam hidroponik dan aquaponik sudah berjalan. Saat ini tercatat baru ada 40 lokasi Lorong Hijau dari 100 lokasi yang kita rencanakan,” imbuh Perwira Seksi Teritorial, Kapten (Kav) Dwi Joko Purnomo.

Dari 40 lokasi Lorong Hijau yang saat ini ada di wilayah Jakarta Barat, 6 lokasi  masing-masing berada di wilayah kecamatan dan juga kantor koramil. “Ini program besar. Karena meski terkendala keterbtaasan lahan, namun kita berusaha melakukan terobosan, agar masyarakat bisa juga bercocok tanam dan menghijaukan lingkungan tempat tinggal mereka,” tutur Kapten Dwi. (Dar)

News Feed