oleh

Kodim 0424/Tanggamus Kembangkan Padi Verietas Kartika 182

OKEBUNG|
Komando Distrik Militer (Kodim) 0424 /Tanggamus, mencoba akan mengembangkan Vareitas Padi Kartika 182 menggunakan sistiem pupuk organic dikabupaten Tanggamus,Lampung.  

Dandim 0424 Tanggamus,Letkol Inf. Kristomei Sianturi mengatakan, pengembangan Varietas Padi Kartika 182 akan dilakukan sehabis masa panen dan lokasinya dilahan persawahan milik Kodim 0424 dan pengembangan padi Kartika 182 baru pertama kali. 

“ Luasan lahan sekitar 1,5 hektar dan tentu asam tanah bekas panenan sebelumnya akan dibuat netral karena menggunakan pupuk berbahan kimia” . kata Kristomei, dalam acara panen raya dipekon Kota agung, kecamatan kotaagung,Rabu (10/06/2015). 

Menurut Dandim , untuk menanam Padi Kartika 182, lahan akan digunakan harus benar-benar terbebas dari zat kimia dengan keasaman tanah 7 power of hydrogen (ph). 

Dalam  melaksanakan penanaman pihak Kodim akan berkoordinasi dengan  kelompok tani Kodim dan Dinas Pertanian  Tanaman dan Holtikultura (DPTPH) tanggamus. Nantinya,kata Dandim kita tidak menggunakan pupuk kimia, hanya menggunakan pupuk organic terbuat dari buah-buahan atau bahan alami lainya yang melalui proses pembusukan terlebih dahulu,”jelas Dandim.

Pupuk organic, dibuat sendiri oleh anggota Babinsa. Sebelumnya mereka sudah mengikuti pelatihan untuk untuk membuat pupuk organic. Beras yang menggunakan pupuk organic memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibanding beras biasa sebab memiliki rasa enak, berbeda dengan beras biasa,dan Padi Kartika 182 akan tahan hama,jika berhasil memiliki prospek pasar yang sangat baik jelas “Dandim 0424 Tanggamus. (rel)

News Feed