oleh

DPO Pemerintah Cina Diringkus Polda Metro Jaya

OKEBUNG|
Petugas Direktorat Tindak Pidana Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil meringkus seorang buronan Warga Negara Asing (WNA),asal Tiongkok, Zhang Ping,yang merupakan salah satu dari 22 Daftar Pencarian Orang (DPO) Kepolisian Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

“Aparat Polda Metro Jaya meringkus Zhang Ping di tempat persembunyiannya di kawasan Jakarta Pusat pada Jumat (5/6) malam,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Krishna Murti, Sabtu (06/06/2015) malam,dilansir merdeka.com.

Dia mengatakan, penangkapan Zhang Ping buntut diringkusnya seorang WNA asal Tiongkok yang masuk salah dalam 22 Daftar Pencarian Orang (DPO) Kepolisian Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Dalam aksinya tersebut, Polda Metro Jaya mendapatkan permintaan dari Kepolisian RRT untuk menangkap Zhang Ping melalui Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Mabes Polri.

“Diketahui sejak 2011, Kepolisian RRT menyatakan Zhang Ping sebagai DPO sehingga Interpol menerbitkan ‘red notice’. Zhang Ping ini selanjutnya akan kita serahkan ke NCB,”terang Krishna.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Divhubinter Mabes Polri, terdapat 22 orang Warga Negara Asing (WNA),asal Tiongkok yang diketahui terkait kasus dan melarikan diri ke Indonesia, termasuk Zhang Phing yang terlibat kasus penipuan bisnis yang merugikan korban senilai satu juta Yuan pada tahun 2008.

Sejauh ini, tercatat sebanyak lima orang Warga Negara Asing asal Tiongkok yang berstatus DPO sudah diamankan pihak Polda Metro Jaya, dan 17 orang lainnya sampai saat ini masih dalam pencarian pihak kepolisian.(admin)
Foto|ilustrasi\dok.net\

News Feed