oleh

17 Agustus 2014 ,Sebanyak 6.592 Napi di Sumut Terima Remisi,300 Orang Dibebaskan

MEDAN -OKB|
Peringatan 17 Agustus 2014,sebanyak 6.892 warga binaan (narapidana )yang ada diseluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)dan Rumah Tahanan (Rutan) terima remisi dari Kantor Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Provinsi Sumatera Utara, I Wayan Sukerta menjelaskan,dari seluruh napi yang menerima remisi, 300 warga binaan mendapatkan kebebasan pada saat tanggal 17 Agustus mendatang. Sementara sisanya 6.592 narapidana menerima remisi berupa pemotongan masa hukuman yang bervariatif.

“300 napi dibebaskan dan 6.592 menerima remisi,”ungkapnya.

Lanjutnya,Saat ini kondisi jumlah penghuni lapas/rutan mencapai 18.686 narapidana. Pemberian remisi 17 Agustus ini sudah sesuai dengan landasan hukum pemberian pengurangan hukuman.

Menkumham sendiri sudah mengusulkan pemberian remisi untuk 18 napi kasus korupsi dan 4 orang napi kasus terorisme. Namun, remisi untuk terpidana kasus korupsi dan terorisme itu harus terlebih dahulu atas persetujuan Menteri Hukum dan Ham.

“Napi terpidana kasus korupsi maupun napi terorisme termasuk narapidana yang remisinya diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 28 Tahun 2006 dan PP No 99 Tahun 2012, sehingga remisi mereka harus persetujuan dari Menteri langsung,”terangnya.

Ditambahkannya bahwa saat pemberian remisi diserahkan secara simbolis oleh Gubsu Gatot Pujo Nugroho pada tanggal 17 Agustus mendatang di Rutan Tanjung Gusta Medan.

“Pemberian remisi diserahkan Gubernur Sumatera Utara langsung,”tandasnya (Admin)

Foto:Ilustrasi/

News Feed