oleh

1.242 Jadi Korban Gelombang Panas di India

OKEBUNG|
Akibat cuaca ekstrem yang melanda India hingga kini masih berlanjut. Jumlah korban meninggal akibat terjangan gelombang panas sampai saat ini mencapai 1.242 orang.

Dilansir okezone.com,Korban meninggal sebagian besar berasal dari Negara Bagian Andhra Pradesh dan Telangana dengan jumlah 1.192 orang, sedangkan sisanya berasal dari berbagai negara bagian. Pusat Meteorologi India memperkirakan gelombang panas di India masih akan berlangsung dua hari ke depan di Telangana dan tiga hari lagi di Andhra Pradesh.

Dikutip dari,Times of India, Kamis (28/05/2015), melaporkan bahwa suhu rata-rata di beberapa wilayah di India mencapai 45 derajat Celsius dengan suhu terpanas terjadi di Negara Bagian Uttar Pradesh yang suhunya mencapai 46 derajat Celsius hingga menjadikan wilayah ini sebagai tempat terpanas di seluruh negeri.

Sampai saat ini suhu terpanas yang tercatat terjadi di Provinsi Khammam, Negara Bagian Telangana, pada 24 Mei 2015, dengan suhu 47,6 derajat Celsius. Pemerintah India telah memperingatkan para dokter dan pekerja medis untuk siap setiap saat memberikan bantuan kepada para korban.

Suhu ekstrem dan gelombang panas di India ini bukan pertama kali terjadi. Pada 2007, peristiwa serupa juga terjadi di India dan beberapa negara di Asia Selatan seperti Bangladesh, Nepal, Pakistan, bahkan Rusia.

Dalam peristiwa tersebut sedikitnya 148 orang meninggal. Serangan panas itu dilaporkan terjadi di New Delhi, Haryana, Uttar Pradesh, Rajashtan, dan Madya Pradesh. Sebanyak 400 merak juga dilaporkan mati dan susu sapi perah menjadi kering karena panas yang menyengat.
(admin\net)

Foto|dok.ilustrasi\net\

News Feed